Atrk
ads skin gagal

Nokia N950, Calon Smartphone MeeGo Pengganti N900

Nokia Meego Images Stories Maret2011 Thumb Other400 0

Meski kedepannya fokus pada Windows Phone 7, Nokia tampaknya tetap akan melepas ponsel MeeGo tahun ini. Entah sebagai pelengkap portofolio atau pun sengaja untuk melakukan ‘riset pasar’ dari sistem operasi baru tersebut. Yang jelas, ponsel pintar MeeGo tersebut akan menggantikan model ‘gagal’ N900, dengan nama tipe N950.

Memang, belum ada bukti foto yang bisa membuktikan keberadaan N950. Namun, pihak Nokia memberikan jaminan bahwa mereka tetap komitmen dengan MeeGo, Symbian, Qt dan S40.

Pada ajang Nokia Developer Day, CTO Nokia Rich Green mempresentasikan banyak hal terkait platform Nokia sekarang maupun yang akan datang, termasuk MeeGo. Rich Green mengungkapkan bahwa dirinya banting tulang mengembangkan N950 dan sebentar lagi bakal muncul dipermukaan dengan hardware yang sangat ‘elegan’ dan antarmuka (UI) yang menarik.

Dengan kabar rencana kehadiran N950 ini, maka kehadiran Nokia N9 (yang dikabarkan akan tampil dengan MeeGo) tampaknya dibatalkan dan Nokia pun bakal mulai dengan perangkat baru, smartphone Windows Phone 7.

Ini dia video presentasi Rich Green, yang menyinggung soal N950.

Pada kesempatan yang sama, Green menjelaskan kepada para developer yang hadir bahwa Nokia N950 bakal sesuai dengan platform yang dibutuhkan developer. Maka, kedengarannya N950 bakal memiliki kemampuan lebih dibanding produk-produk untuk mass market. Hal tersebut wajar, mengingat sejak awal MeeGo memang ditargetkan untuk eksplorasi pasar jangka panjang.

Hingga saat ini strategi Nokia masih bersandar pada pengembangan Qt untuk Symbian dan MeeGo dan mengarah pada Java Seri 40. Nokia S40 bakal memperoleh browser Ovi baru, yang diyakini menawarkan konektivitas internet mobile handal kepada ratusan juta orang penggunanya.

 

(Wr)

Rate this item
(0 votes)
  • Last modified on Wednesday, 20 November 2013 21:26
  • font size