pulsa-logo

Nintendo Berniat Pindah Platform ke Android dan iOS


Hito Handoko

Minggu, 19 Januari 2014 • 11:48

Nintendo, Android, iOS, tabloid pulsa


Berdasarkan desakan investor serta kerugian usaha 3 tahun berturut-turut, nampaknya memaksa Nintendo untuk mempetimbangkan pindah haluan untuk gunakan platform Android dan iOS.

"Kami berpikir tentang struktur bisnis baru," kata Satoru Iwata, Presiden Nintendo, pada konferensi pers kemarin (18/01) di Osaka, Jepang. "Mengingat perluasan perangkat pintar, tentu saja kita mempelajari bagaimana perangkat pintar dapat digunakan untuk menumbuhkan bisnis game-player. Ini tidak sesederhana memungkinkan Mario untuk bergerak pada smartphone, dilansir dari MacRumors.

Nintendo sejak 2011 telah mendapat desakan dari investornya mengembangkan judul game untuk iOS dan platform lainnya. Beberapa pihak juga menyarankan bahwa Nintendo harus ke platform smartphone, dengan mengakuisisi perusahaan teknologi atau mengembangkan sendiri. Padahal sebelumnya pada Agustus tahun lalu, Iwata mengatakan bahwa ia "tidak pernah berpikir untuk menyediakan sumber daya (Nintendo) yang berharga untuk dibenamkan ke platform lain sama sekali."

Perusahaan games asal Jepang tersebut melaporkan kerugian tahunan ketiga berturut-turut, pemotongan perkiraan penjualan global untuk konsol Wii U permainan andalannya dari 9 juta unit menjadi 2,8 juta konsol. Penurunan permintaan konsol games 3DS portabel juga menerpanya dari 18 juta unit menjadi 13,5 juta unit.

Persaingan ketat dari platform mobile dalam beberapa tahun terakhir, cukup berpengaruh pada Nintendo. Data yang terdeteksi melalui App Annie baru-baru ini menemukan bahwa belanja konsumen pada permainan iOS dan Android naik menjadi 4 kali lipat. (Hito)