pulsa-logo

Pasca Letusan Kelud, KemKominfo Himbau Masyarakat Tidak Panik Jaringan Telekomunikasi Terganggu


Nariswari

Selasa, 18 Februari 2014 • 07:24

Pasca Letusan Kelud, KemKominfo, Jaringan, Telekomunikasi, tabloid pulsa


Bencana letusan Gunung Kelud, Malang-Jawa Timur yang terjadi pada 13 Pebruari 2014 tengah malam, ternyata membawa dampak bagi jaringan telekomunikasi yang juga mengalami gangguan serius.  Sesuai dengan kewenangan dan tanggung-jawabnya, Kementerian Kominfo (KemKominfo) melakukan koordinasi dengan para penyelenggara telekomunikasi (operator).

Dilansir dari situs resmi postel,  letusan Gunung Kelud yang disertai dengan hujan abu vulkanik, tak dipungkiri mempengaruhi kualitas layanan telekomunikasi yang menjadi terganggu.  Khususnya hingga pada radius 20 kilometer dari puncak Gunung Kelud. Di luar area tersebut relatif cukup lancar meski terjadi lonjakan trafik telekomunikasi yang tinggi. Gangguan ini disebabkan karena terputusnya suplai energi (dari PLN) dan tertutupnya BTS oleh abu vulkanik yang sangat tebal.

KemKominfo menyarankan pada seluruh penyelenggara telekomunikasi (operator) segera berbenah dan memperbaiki kualitas jaringannya. Mulai pagi hari (14/2) seluruh operartor melakukan recovery jaringannya dan memantau komunikasi dari para aparat dan relawan tentang kondisi terkini dari letusan Gunung Kelud.

KemKominfo akan terus melakukan monitoring dan koordinasi dengan operator untuk pemulihan jaringan telekomunikasi pasca letusan Gunung Kelud, karena dampaknya sangat signifikan terhadap kualitas telekomunikasi di Jawa.

Sejumlah operator mengakui, bahwa banyak BTS yang sementara waktu tidak berfungsi karena hambatan teknis pasca letusan Gunung Kelud.  

Maka KemKominfo menghimbau masyarakat untuk tidak panik dan memaklumi adanya gangguan telekomunikasi yang bersifat sementara ini.