pulsa-logo

Mobile Award 2014: HTC One Smartphone Terbaik, Samsung Gigit Jari


PULSA

Rabu, 26 Februari 2014 • 15:59

HTC One, Smartphone, Samsung, Nokia Lumia 520, Nokia 105, Apple iPad Air, LG, tabloid pulsa


Ajang Mobile World Congress (MWC) 2014 tidak hanya memamerkan produk-produk unggulan terbaru para raksasa elektronik, tapi juga ada penghargaan tahunan Global Mobile Award (GMA) yang diselenggarakan oleh GSM Association.

Proses penjurian Global Mobile Award didukung oleh 175 analis independen, jurnalis, akademisi dan para ahli di seluruh dunia untuk berpartisipasi dalam proses penjurian. Produk yang diikutsertakan ditentukan sudah ada di pasar sebelum tanggal 29 November 2013. Jadi, secara teknis ini adalah ajang penghargaan untuk gadget dan pelaku industri yang produknya ada di pasar pada tahun 2013.

Penghargaan kepada pelaku industri mobile diberikan dalam beberapa kategori seperti smartphone terbaik, tablet terbaik, dan aplikasi mobile terbaik. Satu yang paling dinanti oleh para pemerhati gadget seluruh dunia adalah penghargaan untuk kategori smartphone terbaik. Siapa saja jagoannya?

Smartphone Terbaik: HTC One

HTC One terpilih sebagai Smartphone Terbaik di ajang GMA dengan menyisihkan Apple iPhone 5S, LG G2, Lumia 1020, dan Samsung Galaxy Note 3.

"HTC One diingat sebagai salah satu smartphone paling mutakhir sepanjang 2013. Desainnya yang bagus dan antarmuka pengguna yang sangat baik terus menerus memberikan pengalaman yang berbeda bagi penggunanya, inilah sang pemenang kompetisi"


Low Cost Smartphone Terbaik : Nokia Lumia 520

Yang masuk dalam kategori ini adalah ponsel-ponsel dengan harga jual tak lebih dari 150 dolar. Lumia 520 menyisihkan pesaingnya seperti Lenovo A390T, Samsung Galaxy Young, Sony Xperia E, dan Xiaomi Hongmi.

"Sebuah smartphone dengan kualitas tanpa kompromi, pelopor bagi upaya Nokia menyediakan ponsel-ponsel berbudget rendah."

Entry Level/feature phone Terbaik: Nokia 105

Nokia merajai segmen ini dengan menampilkan 5 ponsel sealigus sebagai nominator yaitu Nokia 208, Nokia 515, Nokia Asha 210, Nokia Asha 503, dan Nokia 105.

"Perbandingan value dan harga yang luar biasa, dengan ketahanan dan daya baterai yang mengesankan, ini akan mendorong penetrasi ponsel ke pasar selanjutnya."

Tablet Terbaik: Apple iPad Air

Apple iPad Air dinobatkan sebagai Tablet Mobile Terbaik dengan mengalahkan nominator lainnya seperti Apple iPad Mini 2, Google Nexus 7 (2013) dan Sony Xperia Tablet Z. Tahun lalu, penghargaan ini jatuh ke Nexus 7 buatan Asus.

" Paket iPad Air unggul secara performance dalam balutan desain yang menarik. Ekosistemnya sendiri memiliki keungguan tak terbantahkan dalam hal jumlah aplikasi yang telah dioptimalkan."

Pabrikan Paling Inovatif : LG

Tahun lalu, penghargaan untuk kategori ini jatuh ke tangan tetangga LG yaitu Samsung.

"Impressif dengan inovasi-inovasi yang mendobrak pakem, fleksibel dalam menerapkan teknologi."

Penghargaan lain

- Best Mobile-Enabled Consumer Electronics Device : FiLIP

- Best Entertainment App (Gaming, Music, Sports, Video): DEVICE 6

- Best Overall Mobile App: CityMapper

- Most Innovative Mobile App: CamMe

Yang pasti untuk tahun ini Samsung tidak mendapatkan apa-apa dan LG menjadi Korea sebagai pabrikan paling inovatif.

Besok, GSM Association juga akan mengumumkan kategori terbaik untuk smartphone dan tablet keluaran terbaru. (*)