pulsa-logo

Mantan Staf Karyawan Microsoft Bocorkan Rahasia Dagang


Nariswari

Kamis, 20 Maret 2014 • 19:21

Microsoft, Bocorkan Rahasia Dagang, tabloid blogger,Twitter, website, Microsoft Corp, tabloid pulsa


Seorang mantan karyawan Microsoft Corp menghadapi tuduhan kriminal setelah ia diduga membocorkan rahasia dagang Microsoft ke blogger di Perancis.

Sebuah dokumen pengadilan federal Seattle - AS menunjukkan bahwa Alex Kibkalo (berkebangsaan Rusia), yang merupakan mantan karyawan Microsoft di Lebanon dan Rusia, mengaku kepada penyidik bahwa ia telah memberikan dokumen rahasia Microsoft untuk blogger.

Blogger yang tidak diungkapkan identitasnya tersebut, diketahui sebagai orang-orang yang sangat aktif di komunitas blogging Microsoft. Mereka selalu memposting beragam bocoran berita, foto-foto dan bocoran screenshot dari versi pre-release dari Sistem Operasi Windows. Blogger tersebut menyembunyikan identitasnya dengan menyatakan identitas palsu bahwa ia berasal dari Quebec, Canada.

Sebuah penyelidikan internal yang dilakukan oleh Microsoft mengungkapkan sebuah transmisi rahasia dan tidak sah mulai ditemukan di jaringan komunikasi di Microsoft. Sebuah email dari Kibkalo ditemukan dalam akun Hotmail blogger, mengungkapkan bahwa para blogger sering berbagi data rahasia dengan mantan karyawan Microsoft tersebut.

Dilansir dari reuters, seorang juru bicara Microsoft mengatakan bahwa mereka mengambil tindakan hukum terkait perlindungan kekayaan intelektual, dan membocorkan rahasia perusahaan ini dinilai tindakan yang sangat serius. Termasuk bekerja sama dengan lembaga penegak hukum yang menyelidiki potensi tindakan kriminal yang dilakukan oleh karyawan atau mantan karyawan Microsoft.

Dokumen pengadilan mengatakan bahwa selama wawancara, blogger mengaku bahwa mereka selalu memposting informasi di Twitter dan website dan menjual keypass aktivasi Windows Server di eBay.

Menurut penyelidikan Microsoft, pada sepanjang bulan Juli dan Agustus 2012, Kibkalo upload rahasia perusahaan tentang informasi perangkat lunak Microsoft termasuk update pre -release software Windows 8 RT dan perangkat ARM, serta Microsoft Activate Server Software Development Kit (SDK) melalui sebuah komputer yang ber-IP di Washington dan kemudian memasukkan informasi-informasi rahasia tersebut ke account Windows Live SkyDrive pribadinya.


Tim produk Microsoft menggunakan SDK dalam menyesuaikan kode produk mereka untuk memastikan validasi yang tepat dalam proses aktivasi kunci produk.

Kibkalo, yang bekerja dengan Microsoft selama tujuh tahun, menerima review kinerja yang buruk pada tahun 2012 dan diancam untuk resign jika kinerjanya tidak disiplin dan berubah. Kibkalo yang mungkin sakit hati, memutuskan resign dari Microsoft lalu pindah ke Rusia (didasarkan pada akun LinkedIn miliknya), hingga saat ini ia bekerja di sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Moskow dan St Petersburg.

Kasus ini terdaftar di di pengadilan federal Seattle - AS atas nama tertuduh Alex Kibkalo, dengan nomor perkara 2:14 - mj - 00114 - MAT, Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Barat Washington -Seattle.

Seorang pengacara yang mewakili Kibkalo tidak bisa dihubungi untuk memberikan komentar terkait kasus hukum yang membelit kliennya. (Nariswari)