Atrk
ads skin gagal

Google Adakan Riset Perilaku Karyawan

Google Riset Karyawan Images 2014 04 01 Thumb Other400 0

Google sejuah ini memiliki reputasi yang cukup terpuji sebagai perusahaan yang sangat nyaman untuk bekerja. Selain jaminan kesejahteraan, fasilitas yang lengkap, disain kantor yang unik dan nyaman, management Google dalam waktu dekat akan melakukan riset berkala pada seluruh karyawan sebagai tolak ukur evaluasi yang akan digunakan hingga 100 tahun ke depan.

Dilansir dari theverge, sebuah tim internal di Google bekerja pada sebuah penelitian ilmiah jangka panjang untuk meneliti kinerja dan perilaku seluruh karyawan Google, dengan harapan mendapatkan beragam data, wawasan, dan pengetahuan psikologis dari seluruh karyawan yang menyangkut segala sesuatu yang membuat seluruh karyawan bahagia, termotivasi dalam bekerja, hingga berbagai stimulasi yang perlu dilakukan Google agar memacu kesuksesan karyawan.

Menurut salah seorang juru bicara di Google, rencananya studi ini akan terus berlanjut selama Google tetap berdiri, dan hasil penelitian ini akan digunakan sebagai tolok ukur evaluasi selama satu abad ke depan. Google dengan risetnya ini berupaya untuk memisahkan pekerjaan dan kehidupan sosial, yang kerap "mengganggu" kinerja karyawan.

Laszlo Bock (Google's Senior VP for People Operations) mengatakan bahwa Google secara berkala melakukan penelitian yang disebut gDNA pada seluruh karyawannya. Google akan menggunakan survei anonim dari lebih dari 4.000 karyawan Google untuk mengumpulkan beberapa poin data penting perihal sisi kepribadian dan sikap baik mereka selama masih berada di rumah maupun di tempat kerja.

Kelompok pertama mewakili sekitar 31% dari karyawan yang disurvei, mewakili sikap karyawan yang tenang, optimis, namun sering menyangkut-pautkan kehidupan sosial mereka ke pekerjaan. Sisanya adalah kelompok karyawan yang terus-menerus khawatir tentang posisi mereka di kantor, pekerjaan yang menumpuk, dan sisanya adalah kelompok "pengeluh" yang sering mengeluhkan apapun.

Ini adalah masalah yang banyak dihadapi pengusaha dan team managemen di perusahaan manapun, dan Google berusaha keras untuk meriset perilaku karyawan mereka, dan membantu mereka untuk memperoleh motivasi kerja lebih optimal. Dari studi ini, Google berharap bisa mendapatkan beberapa gambaran karakteristik karyawan di Google, sehingga management Google dapat dengan lebih mudah untuk menyikapi tiap permasalahan pada karyawan. (Nariswari)

Rate this item
(3 votes)