pulsa-logo

Kini Google Search Akan Bantu Pilih Iklan di Facebook


Nariswari

Kamis, 05 Juni 2014 • 13:36

Google Search, Facebook, tabloid google, Yahoo, Bing, media sosial, Kenshoo, tabloid pulsa


Iklan yang Anda lihat di Facebook akan segera terlihat banyak seperti iklan di Google. Inovasi ini tercipta berkat teknologi periklanan yang dibuat oleh mitra iklan Facebook Kenshoo Social.

Dilansir dari mashable, pihak marketing sekarang dapat mengambil kata kunci dari permintaan pencarian yang sering Anda masukkan di Google (Yahoo atau Bing) dan menggunakan informasi tersebut untuk menawarkan lebih banyak iklan bertarget di Facebook Anda.

Teknologi yang dikembangkan oleh Kenshoo ini masih dalam versi beta, tetapi tidak akan lama lagi diaplikasikan. Kenshoo mengatakan bahwa banyak klien yang harus memiliki akses ke layanan dalam beberapa minggu mendatang. Dan dengan mengembangkan teknologi iklan yang lebih tersegmentasi akan memudahkan pihak pemasar dalam menawarkan produknya pada orang yang memang membutuhkannya dan mencarinya melalui jejaring sosial seperti Facebook.

Jika pengguna mengklik iklan yang dihasilkan dari permintaan pencarian di Google Search, pemasar dapat menggunakan teknologi yang dikembangkan oleh Kenshoo untuk memilih kata kunci dari pencarian untuk lebih menargetkan pengguna di jaringan sosial yang digunakan.

Misalnya, jika saat mencari "sepatu merah untuk futsal" pada Bing dan meng-klik pada iklan Nike yang dihasilkan pada pencarian tersebut, maka Nike akan mengenali kata kunci yang muncul di iklan yang berkategori "sepatu futsal" dan kemudian mengirimkan iklan-iklan sepatu futsal bermerek Nike di Facebook pengguna tersebut.

Sebelumnya, perusahaan dapat menargetkan pengguna Facebook yang mengunjungi situs mereka dengan iklan berdasarkan minat mereka di jaringan sosial. Hal ini masih dirasa "belum efektif" karena belum mengena pada kebutuhan pengguna. Dengan teknologi baru ini, menawarkan sampai kata kunci pencarian yang akan sangat memudahkan pemasar menawarkan produknya pada tiap pengguna yang memang ingin membeli produk tersebut.

Facebook dan Kenshoo bekerja sama pada teknologi perikalanan tersebut, tetapi kemitraan mereka tidak eksklusif, hal itu  berarti perusahaan pemasaran lain bisa membangun alat serupa yang dapat menguntungkan Facebook. (Nariswari)