pulsa-logo

Melalui Street Art Project, Google Tampilkan 5000 Karya Dari Seluruh Dunia


Nariswari

Rabu, 11 Juni 2014 • 13:14


Google melalui proyek seni dan budayanya menggelar The Street Art Project, untuk menggalang beragam kreativitas dan seni instalasi maupun graffiti dari seniman-seniman di seluruh dunia. Kini, Google melalui website resminya mereka, merilis lebih dari 5.000 gambar dan 100 pameran secara online yang memuat seni jalanan dari seluruh dunia.

The Street Art Project adalah program database online yang diciptakan oleh Google Institute yang berbasis di Google Cultural Institute di Paris. Menggunakan gambar yang diambil dengan Google Street View, The Street Art Project memuat beragam database seniman berdasarkan negara masing-masing.

Galeri online termasuk instalasi dari Kibera, Kenya, dan mural dinding dari South Bank, Australia. Beberapa contoh graffiti yang dimuat di database tersebut misalnya 5Pointz di Long Island City, Queens pada bulan November 2013 ataupun NSANE5 dari Indonesia yang menggambar grafitti unik di media berbentuk tabung.

Untuk pengembangan Google Cultural Institute, Google telah bermitra dengan ratusan museum, lembaga kebudayaan, dan lembaga kearsipan untuk menjadi "tuan rumah" pengelola seni dan budaya dunia melalui media online. Dengan tim yang berdedikasi di Google, mereka sedang membangun perangkat dan teknologi yang memungkinkan sektor budaya untuk dapat ditampilkan secara online, sehingga dapat diakses ke seluruh dunia. (Nariswari)