pulsa-logo

Chipset Gaming ini Siap Masuk Pasar Smartphone


Ilham

Rabu, 18 Juni 2014 • 07:49


Sejak secara resmi diumumkan, chipset NVIDIA Tegra K1 merupakan komponen hardware gaming powerfull yang diperuntukkan perangkat tablet gaming. Hal ini dikarenakan Tegra K1 memang bukanlah sebuah chip yang ramah-smartphone. Namun kabar terbaru menyebutkan bahwa NVIDIA Tegra K1 (32 dan 64 bit) siap digunakan untuk smartphone.

Seperti yang diungkapkan sebuah laporan baru, yang menyebutkan bahwa baik Tegra K1 dan Tegra K1 Denver (yang menggunakan arsitektur 64-bit) akhirnya dapat digunakan sebuah pada smartphone tertentu.

Padahal sebelumnya pada bulan lalu CEO NVIDIA, Jen-Hsun Huang mengatakan bahwa perusahaan mengalihkan perhatian yang jauh dari pasar smartphone, dan berfokus pada segmen tablet sebagai gantinya.

Namun, masalah utama dengan chipset Tegra K1 pada handset adalah bahwa SoC yang membutuhkan modem Icera 500 untuk menawarkan konektivitas 3G dan LTE. Selain itu K1 berpotensi akan membuat perangkat lebih mahal daripada perangkat yang menggunakan prosesor Qualcomm, sehingga banyak yang pesimis NVIDIA dapat berhasil menembus pasar smartphone, demikian dilansir gforgames.

Apakah chipset Nvidia ini akan masuk ke perangkat smartphone? Jika iya maka smartphone dengan kemampuan gaming mumpuni tersebut pasti akan sangat mahal.