pulsa-logo

Tekanan Komisi Eropa, Apple dan Google Ubah Label 'Free' di Toko Aplikasinya


Nariswari

Kamis, 20 November 2014 • 12:27


Jika Anda cukup jeli, tentu Anda akan menemukan sesuatu yang berbeda di Mac App Store atau iOS App Store pada hari Rabu (19/11. Di toko aplikasi tersebut, aplikasi yang gratis untuk didownload tidak lagi dilabeli dengan kata "Free" melainkan, dilabeli dengan kata baru yakni "Get."

Dilansir dari mashable, pertama kali diperhatikan oleh TechCrunch, langkah ini besar kemungkinan muncul setelah adanya tekanan dari pihak Komisi Eropa (EC). Selama musim panas, EC telah berhasil memaksa Google untuk mengubah label penjualan aplikasinya. Akibatnya, Google mengubah label dari kategori "Top Free Apps" dan "Top Free Games" menjadi kata baru yakni "Top Apps" dan "Top Games". Perubahan label ini terjadi di negara-negara Uni Eropa.

EC mengatakan bahwa label aplikasi dan permainan yang dilabeli "Free" bisa berdampak menyesatkan konsumen. Apalagi jika konsumennya adalah anak-anak yang mudah untuk dipengaruhi.

Baca juga:

Apple, Google, Intel, dan Adobe Sepakati Kasus Anti Perburuhan

Apple Kalahkan Google Jadi Merek Paling Berharga di Dunia

Most Valuable Brand: Google Lebih Oke Ketimbang Apple!


Sedangkan Apple telah mematuhi ketentuan yang dikeluarkan oleh regulator Uni Eropa dan AS selama setahun terakhir untuk memberikan label yang tidak menyesatkan. Sehingga akhirnya Apple mengganti kata "Free" menjadi kata "Get" pada semua aplikasi non-Apple atau aplikasi pihak ketiga. Sedangkan Aplikasi Apple yang gratisan masih mempertahankan kata "Free". (Nariswari)

Sumber: mashable