pulsa-logo

F5 Networks Siap Bantu Operator Masuki Era 4G LTE


Fauzi

Rabu, 03 Desember 2014 • 16:43

F5 Networks, 4G LTE, harga ponsel,ponsel, tabloid tabloid pulsa


Boonchaeron Chong & Fetra SyahbanaBoonchaeron Chong & Fetra Syahbana

Menyongsong datangnya era 4G LTE, bukan hanya pihak operator saja yang bakal disibukkan dengan menyiapkan jaringannya ke arah itu. Perusahaan yang bergerak di bidang solusi sistem back end untuk mengoptimalkan layanan-layanan operator juga bakal ikut sibuk menawarkan solusi terbaiknya. Tak terkecuali F5 Networks.

Seperti dikatakan Fetra Syahbana , Country Manager Indonesia, F5 Networks, latar belakang lahirnya 4G, karena disebabkan adanya keinginan dan ekspektasi orang semikin tinggi.

“Kenapa 4G lahir? Dari 3G berkembang ke 4G lalu 5G, hal ini disebabkan karena keinginan dan ekspektasi orang semakin tinggi. Kita, sebagai pelanggan, semakin mengharapkan aplikasi yang kita akses dapat selalu tersedia, mampu merespon permintaan dengan cepat. Dari waktu-ke waktu pasti ekspektasi kita sebagai pengguna juga semakin tinggi. Sekarang kita masih bisa tahan jika menonton youtube agak lama, tapi nantinya kami berhara dapat menonton dengan tanpa hambatan,” tandas Fetra.

Di era 4G, lanjut Fetra, akan semakin banyak data yang berseliweran di jaringan. Jika diibaratkan sebuah pipa penyalur, untuk bisa memberikan/menyalurkan lebih banyak hal di dalam pipa tersebut, maka pipa harus dibuat lebih besar karena pengguna. Di 4G ini pengguna data akan semakin banyak.

”Kenapa makin banyak? Karena akan semakin bergantung pada device. Kalau operator bertahan dengan kondisi yang sama maka trafik akan terhambat sehinga aliran tidak lagi lancar, ujungnya konsumen tidak puas dan mereka berpaling ke oprator lainnya. 4G lahir karena demand itu ada. Kalau pipanya diperbesar, maka muat data besar kan? Itu artinya kesempatan untuk bisa memonetasi hal tersebut menadji lebih banyak. Untuk lebih jelas di industri telco boon yang akan menjelaskan,” kata pria lulusan Institut Teknologi Bandung itu.  

Kecepatan merupakan isu yang begitu lekat dengan jaringan 4G LTE. Kecepatan jaringan LTE disinyalir bakal 10 kali dibanding dengan 3G. Dalam kaitan dengan operator, F5 hadir untuk membantu mengelola jaringan mereka secara lebih efektif.

“Menurut kami inti utamanya 4G adalah bagaimana kami dapat membantu operator untuk mengirimkan aplikasi aplikasi dengan cepat. Dengan kecepatan yang ditawarkan oleh 4G, maka pelanggan akan semakin banyak menggunakan aplikasi dan operator harus lebih siap untuk mengantisipasinya,” kata Boonchaeron Chong, Global Solution Architect Service Provider, F5 Networks.


“Ibaratnya, kami ini polisi lalu lintas, yang mengatur jalur data. Jadi data mana yang harus lewat sini, dan mana yang lewat sana. Sehingga akhirnya tidak tumpang tindih dan menyebabkan kemacetan,” tambahnya.

F5 sendiri telah mengembangkan solusi carrier-grade guna memenuhi kebutuhan khusus dari penyedia layanan komunikasi. Solusi ini bisa membantu operator untuk dapat menghadirkan pengalaman terbaik bagi para pelanggannya.

“Kami membantu operator dalam menyederhanakan infrastruktur mereka agar operator bisa mengelola jaringan mereka dengan lebih mudah dan efektif. Apa yang kami tawarkan kepada operator adalah kami membuat mereka mampu mengelola jaringan dengan lebih baik dan efektif,” kata Boon.

Menurut Boon, infrastruktur operator telah jauh berkembang. Namun demikian, bukan berarti mereka membutuhkan seluruh fitur yang ada di dalamnya.

“Saat ini infrastruktur operator telah jauh berkembang, namun bukan berarti mereka membutuhkan seluruh fitur yang di dalamnya. F5 mampu membantu operator untuk melihat kebutuhan mereka sebenarnya, menyederhanakan proses di dalam jaringan serta mampu membuat aplikasi yang berjalan di dalamnya lebih efisien, cepat, aman, dan selalu tersedia,” tandas Boon, yang juga seorang sarjana kehormatan dari Nottingham Trent University ini.

Jadi, sebagaimana dikatakan Fetra, semakin banyak kanal disiapkan, semakin banyak layanan yang bisa diberikan oleh operator, maka semakin tinggi juga ekspektasi dari pelanggan terhadap layanan yang diberikan.

“F5 disini hadir untuk membantu operator monetasi layanan mereka serta  mengefisiensikan dan mengefektifkan jaringan mereka, karena kalau tidak operator tidak bisa monetasi jaringan mereka maka operator tidak bisa hidup dan akhirnya pelanggan tidak lagi bisa menikmati berbagai layanan ini,” tutup Fetra. (Ozi)

LATEST TIPS-APPS

Mengatur Pesan SOS di Smartphone Asus
BackUp Cloud di CloudMAX

2018-04-10 20:49:42