pulsa-logo

Meizu M1 "Edisi Alibaba" Segera Rilis?


Nariswari

Jum'at, 13 Februari 2015 • 08:31

meizu m1, yunos, alibaba OS, meizu, tabloid pulsa


Belum lama Meizu M1 dirilis ke pasar Tiongkok, tersiar kabar bahwa smartphone ini akan dibuat dalam tiga varian sistem operasi (OS) yang berbeda. Jika sebelumnya, media telah memberitakan tentang Meizu M1 Blue Charm berbasis FlyMe OS, maka ada prediksi dua varian Meizu M1 lainnya akan berbasis Ubuntu dan YunOS.

Dilansir dari Gizmochina, (10/2/2015), menginfokan bahwa tampaknya varian Meizu M1 berbasis YunOS bakal segera menggebrak pasar. Pasalnya baru-baru ini terlihat di lembaga sertifikasi TENAA Tiongkok, yang mengungkapkan bahwa smartphone varian ini akan datang dengan sistem operasi yang dikembangkan oleh Alibaba yakni Aliyun OS alias YunOS. Spesifikasi lain dari smartphone ini kurang lebih sama dengan versi aslinya, yakni RAM 2GB, prosesor quad-core MT6732 64-bit, kamera belakang 13MP dan kamera depan 5MP, serta layar 5 inci.

Meizu M1 versi YunOS ini sebenarnya bukan produk kejutan, mengingat Meizu sebelumnya telah bermitra dengan Alibaba untuk mengembangkan dan mengaplikasikan YunOS ke smartphone Meizu MX4. Dan pada saat itu, banyak pihak yang memprediksi bahwa kelak akan ada versi-versi Meizu lainnya yang berbasis YunOS.

Meizu dan Alibaba Group baru-baru ini mencapai kesepakatan untuk menjalin kemitraan. Di mana perusahaan e-commerce raksasa di Tiongkok itu menginvestasikan sekitar USD $500 miliar untuk saham minoritas yang tidak diungkapkan ke perusahaan smartphone Tiongkok.

Jadi Meizu mengambil keuntungan dari sumber daya yang luas dari Alibaba, sementara Alibaba akhirnya bisa menghidupkan kembali OS yang "sekarat" yang diresmikan hampir 4 tahun yang lalu, sekaligus mengambil keuntungan dari YunOS dengan mengaplikasikannya ke model smartphone terbaru.

Setelah kesepakatan itu, Alibaba Group mengumumkan bahwa mereka akan memberikan dukungan kepada Meizu di sejumlah bidang seperti e-commerce dan sistem operasi mobile yakni YunOS di smartphone seri-seri terbaru Meizu. (Nariswari)

sumber