pulsa-logo

Samsung Mulai Produksi Massal Prosesor Exynos 7 Octa


Nariswari

Selasa, 17 Februari 2015 • 19:19


Samsung Electronics dikabarkan telah mulai memproduksi secara massal chip prosesor mobile menggunakan teknologi 14-nanometer FinFET, yang secara dramatis akan memperkuat produktivitas semikonduktor.

"Samsung siap untuk memproduksi secara massal prosesor mobile Exynos 7 Octa kepada pelanggan utama kami. Chip ini adalah industri pertama yang diproduksi menggunakan proses FinFET 14-nanometer pada tiga dimensi (3D) dengan struktur transistor," kata Samsung dalam sebuah pernyataan pada media.

Dilansir dari Korea Times, (16/2/2015), Processor Exynos 7 Octa kabarnya akan memperkuat kinerja  smartphone unggulan Samsng berikutnya, yakni Samsung Galaxy S6, yang akan resmi diperkenalkan pada  1 Maret 2015 di pameran Mobile World Congress (MWC) di Barcelona.

Samsung mengatakan Exynos terbaru bisa memberikan efisiensi kinerja sampai 20% lebih cepat dari chip dengan teknologi tingkat 20-nanometer. Processor ini juga menggunakan daya 35% lebih sedikit dari sebelumnya, sehingga membuat daya tahan baterai lebih lama.

Langkah Samsung memproduksi chip processor terbaru ini dinilai sangat tepat. Strategy Analytics mengatakan bahwa saham Samsung di pasar chip processor smartphone global mencapai 5% tahun lalu.  Namun, angka ini  bisa saja meningkat dikarenakan chip processor garapan Qualcomm yakni Snapdragon 810 dilaporkan memiliki masalah panas berlebih (overheating). (Nariswari)

sumber