pulsa-logo

MeeGo Tanpa Intel, Nokia Tetap Janjikan Dukungan Software untuk Nokia N9


Deni Hardian

Kamis, 29 September 2011 • 22:50


 

Selepas cerai dari MeeGo, gonjang-ganjing terkait dukungan software untuk produk Nokia berjuluk Nokia N9 tampaknya jadi perbincangan hangat di alam maya.

Sebagai informasi, ponsel pintar Nokia N9 merupakan ponsel terakhir Nokia yang mengadopsi sistem operasi kolaborasi Nokia-Intel MeeGo. Dan, dengan berpalingnya Nokia ke Microsoft Windows Phone, maka pihak Intel pun akhirnya mengakhiri kerjasama dalam platform OS bersama Nokia tersebut.

Dan, guna menentramkan para calon pengguna Nokia N9, Janne Heikkinen-Product Planning Director Nokia, dalam blog resmi Nokia menyatakan bahwa Nokia N9 akan terus mendapatkan dukungan software, yang artinya akan memperoleh update software secara periodik.

Update pertama untuk N9 rencananya bakal digulirkan selepas smartphone Nokia ini meluncur ke pasaran. Dan, selanjutnya bakal lebih intens seiring permintaan user atau pun adanya masukan dari operator.

Janne Heikkinen pun mengungkapkan bahwasanya inovasi user interface (UI) untuk Nokia N9 telah selesai dilakukan, yang nantinya pun akan bisa dinikmati ponsel lain garapan Nokia.


Aplikasi pihak ketiga yang didukung N9 terbilang mumpuni, dimana ada aplikasi popular semacam Facebook, Twitter, Gmail, Skype, Picasa, Flickr dan Mail for Exchange. Juga, game-game atraktif seperti Angry Birds. Lainnya? Bisa didapatkan di OVI Store, yang kabarnya sesegera mungkin disediakan.

(WR)