pulsa-logo

Genap Berusia 30 Tahun, Ini Dampak Signifikan Domain .COM


Fauzi

Selasa, 24 Maret 2015 • 14:02

Verisign, domain .com, harga ponsel,ponsel


Hari Minggu, 15 Maret 2015 lalu, merupakan peringatan 30 tahun sejak nama domain .COM pertama, Symbolics.com, didaftarkan, dan yang juga telah merubah dunia internet selamanya. Hari ini Verisign, Inc. pemimpin global dalam nama domain dan keamanan internet, dan operator untuk nama domain .COM, memperingati ulang tahun yang ke-30 untuk .COM serta dampak signifikan yang telah disumbangkan oleh domain .COM bagi perekonomian maupun budaya.

Dalam 30 tahun terakhir, internet telah berkembang dari sebuah fenomena yang tidak diketahui yang sebagian besar hanya diketahui oleh para akademisi dan peneliti menjadi sebuah sarana komunikasi global, perdagangan, dan untuk berbagi informasi yang tidak dapat tergantikan dalam kehidupan sehari-hari; bahkan, hampir 3 miliar inpidu telah terhubung ke internet hari ini, dan transaksi senilai lebih dari 300 miliar USD dihasilkan dari penjualan e-commerce di Amerika Serikat dan lebih dari 1,3 triliun USD untuk penjualan e-commerce di dunia yang bergantung pada internet.

Seiring dengan perkembangan internet, .COM pun turut bertumbuh dan berkembang. Nama domain .COM telah diakses triliunan kali setiap harinya. Perusahaan-perusahaan memanfaatkan pengakuan global dan brand appeal dari .COM untuk menumbuhkan bisnis mereka dan menjangkau pelanggan secara global. Jutaan pelaku usaha telah merealisasikan mimpi mereka dengan membangun bisnis mereka secara online melalui .COM, dan nama-nama besar di internet telah menggunakan .COM sebagai alamat nama domain mereka, mensejajarkan .COM dengan internet.

Mulai dari Amazon.com, yang mendaftarkan nama domainnya pada tahun 1994, lalu Google, yang mendaftarkan Google.com sebagai nama domain pada tahun 1997, hingga bisnis skala kecil dan menengah yang baru-baru ini mendaftarkan nama domain mereka, seperti Enduracenter.com, NaturallyCoolKids.com, atau PantryFullofRecipes.com, yang didaftarkan pada 2015, .COM merupakan standar online global untuk bisnis. .COM merupakan pilihan terbaik untuk membangun identitas yang mudah dikenali dan ditemukan, serta terpercaya di internet dunia.

“.COM merupakan lebih dari sekedar alamat website, namun juga merupakan brand global terkemuka dan terpercaya yang dimana hampir seluruh bisnis global terkemuka, termasuk 100 persen dari daftar perusahaan Fortune 500, telah mempercayakan eksistensi mereka di internet pada .COM,” kata Jim Bidzos, Executive Chairman, President dan Chief Executive Officer, Verisign.

"Ulang tahun .COM yang ke-30 merupakan sebuah pencapaian bersama kita yang patut untuk diperingati,” lanjutnya.

Di saat pertumbuhan dan adopsi internet sebagian besar terkonsentrasi di Amerika Utara dalam 30 tahun terakhir,  hari ini, pengguna internet di Amerika Utara hanya mencakup 19 persen dari keseluruhan pengguna internet global. Seiring dengan pertumbuhan dan penetrasi internet global semakin cepat di luar Amerika Utara, brand appeal dari .COM di dunia, pengakuan instan, dan pertumbuhan yang cepat di banyak bagian di dunoa menggambarkan pertumbuhan .COM yang pararel seiring dengan pertumbuhan adopsi internet.


Dengan jumlah total nama domain .COM yang tersedia mencapai 10 pangkat 98, dan nyaris setengah dari semua nama domain .COM terdiri dari dua atau lebih kata kunci dalam Bahasa Inggris, terdapat kesempatan yang luar biasa untuk mendaftarkan nama domain .COM yang mudah diingat, deskriptif, dan orisinil. (Ozi)