Atrk
ads skin gagal

Studi: Kampanye Larangan Mengemudi Sambil Berponsel Harus Fokus Pada Wanita

Pengemudi Wanita Terbukti Lebih Sering Gunakan Ponsel Saat Mengemudi Images Data 2015 Maret Thumb Other400 0

Selama ini larangan mengemudi sambil menelepon telah banyak diterapkan di semua negara, termasuk di Indonesia. Tapi tahukah Anda, dari sekian banyak orang yang mengemudi sambil menelepon itu ternyata berjenis kelamin wanita?

Pengemudi wanita memiliki kecenderungan 1,63 kali lebih mungkin untuk menggunakan ponsel saat mengemudi dari pada pengendara laki-laki. Ini adalah hasil temuan terbaru dari studi yang dilakukan oleh tim peneliti di University of Texas, Houston. Mereka juga menemukan fakta bahwa pengemudi yang berusia di bawah 25 tahun, memiliki kemungkinan 4 kali lebih besar untuk menggunakan ponsel saat mengemudi dibandingkan dengan pengemudi yang berusia lebih tua.

Tak hanya itu, pengemudi yang tidak ditemani atau sendirian juga jauh lebih mungkin untuk menggunakan ponsel mereka daripada mereka yang ditemani oleh orang lain di dalam mobil. Seperti dilansir dari NDTV, (26/03), menurut penelitian dari University of Texas, Houston yang diterbitkan dalam Preventive Medicine Report menunjukkan bahwa perempuan dan pengemudi berusia mudalah yang paling mungkin menggunakan ponsel saat mengemudi.

"Ini berarti kampanye keselamatan publik harus bisa lebih difokuskan pada target dua kelompok tersebut. Dengan melakukan aktivitas lain selain mengemudi, fokus pengendara mobil akan terpecah. Dan hal ini akan menimbulkan ancaman keselamatan bagi si pengemudi dan pengguna kendaraan lain, termasuk pejalan kaki", kata R. Sue Day dari tim peneliti University of Texas, Houston.

Penggunaan ponsel saat mengemudi secara keseluruhan tampaknya menurun selama bertahun-tahun di Texas-AS, mulai dari 20,5% pada tahun 2011 dan turun ke 16,4% pada 2013, menurut penelitian ini. Seperti yang dilaporkan oleh National Highway Traffic Safety Administration, perkiraan prevalensi nasional dari orang yang masih menggunakan ponsel saat mengemudi hampir 9%, melakukan pembicaraan di ponsel saat mengemudi turun 5,5%. Tetapi melakukan pengetikan SMS saat mengemudi meningkat 2% dari tahun 2011 dan 2013. (Nariswari)

sumber

Rate this item
(0 votes)