pulsa-logo

Paus Francis Akan Lelang iPad Miliknya Untuk Amal


Nariswari

Rabu, 01 April 2015 • 11:29


gambar: paus francis, ndtvgambar: paus francis, ndtv

Sebuah rumah lelang di ibukota Uruguay Montevideo, sejak beberapa hari yang lalu tengah berharap untuk mendapatkan setidaknya USD $40.000 (Rp520 jutaan) dari penjualan iPad pribadi yang digunakan oleh Paus Francis. Dengan hasil pelelangan iPad milik Paus Francis itu, nanti hasil penjualannya akan sepenuhnya disumbangkan ke sebuah sekolah tinggi Katolik di kota barat laut Paysandu.

Menurut juru lelang Juan Castells, lelang iPad milik Paus Francis ini menimbulkan gelombang minat dan animo besar dari masyarakat dunia. "Baru-baru ini, kami menerima telepon dari seluruh dunia yang di mana mereka sangat berminat membeli iPad milik Paus Francis. Ini sebuah fenomena yang besar" ujar Juan.

Dilansir dari ndtv, (31/03), perangkat iPad yang akan dilelang pada 14 April 2015 diberikan oleh Paus Francis ke imam Uruguay, Gonzalo Aemilius, yang mengunjungi Vatikan. Persahabatan antara dua pemimpin Katolik ttersebut dimulai saat Aemilius belajar tentang lembaga pendidikan yang yang berlanjut ke pendidikan keuskupan di Montevideo. Selama kunjungan Aemilius ke Vatikan, Paus Francis memberinya iPad milik pribadinya "untuk misi kmanusiaan yang dianggap tepat".

Menurut Monica Olivelli, kepala sekolah Liceo Francisco, bahwa di wilayah tersebut akan dibangun SMA Katolik baru yang dipromosikan oleh tiga keluarga Paysandu dan otoritas gereja lokal, dan diresmikan tahun ini. Untuk membantu membiayai proyek tersebut, Aemilius berniat untuk menyumbangkan iPad milik Paus Francis yang telah diberikan padanya.

SMA Katolik Liceo Francisco saat ini memiliki 50 siswa dari keluarga miskin atau berpenghasilan rendah. "Idenya adalah untuk menambahkan 50 siswa baru setiap tahun, selain yang sudah terdaftar. Dan memberikan kualitas pembelajaran dan pendidikan yang layak bagi mereka," kata Olivelli.

Hasil dari lelang iPad akan digunakan untuk memperluas fasilitas, membuat ruang untuk lebih banyak siswa, laboratorium komputer dan sains. Dan untuk membangun sebuah pusat olahraga dari beberapa cabang oleh raga.

Berdasarkan dokumen yang dirilis dari rumah lelang, pada perangkat iPad milik Paus Francis ini terukir teks di bagian casing belakangnya yang berbunyi "Su Santidad Francisco" dan "Vatikan Internet Service," tanggal Maret 2013.


"Ini adalah iPad milik Paus Francis pribadi. Dan beliau menggunakannya secara teratur dan, selain itu, memiliki sertifikat keaslian dari Vatikan itu sendiri," kata Castells. Karena nilai dan eksklusifitasnya, sehingga tidak heran jika harga lelang iPad ini diharapkan melampaui USD $40.000, meski nilai jual iPad ini di pasaran hanya berkisar USD$ 660 (Rp8,5 jutaan). (Nariswari)

sumber