Snapdragon S4 Akan Hadir Semester Pertama 2012, CPU Dual-core 2,5GHz

Perkembangan teknologi prosesor untuk ponsel pintar (smartphone) kian pesat. Chipset CPU kini berbasis dual-core, dengan kecepatan yang semakin melejit. Bila beberapa waktu lalu masih berkutat di angka 1 GHz tampaknya tahun depan sudah ada yang menembus clock di atas 2 GHz.

Salah satunya yang sudah bersiap ke arah situ yakni Qualcomm, dengan chipsest Snapdragon S4, yang akan tampil dengan clock speed 2,5 GHz. Chipset S4 milik Qualcomm tersebut pertama di dunia yang menggunakan proses teknologi 28nm.

Pada chipset terbaru tersebut nantinya bakal membawa keuntungan yang sangat substansial dalam efisiensi daya dan daya prosesing, yang melampaui para kompetitornya.

Snapdragon S4 Krait Core Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Chipset Snapdragon S4 akan dikemas bersama sepasang core Krait, yang notabene berbasis Cortex-A9, yang semestinya bisa menghasilkan perbaikan hingga 60% dari yang ditawarkan prosesor Scorpion pada kecepatan clock yang sama. Dan, berdasarkan analisa Qualcomm angka 60% tersebut dinilai mampu untuk mengupgrade core yang ada, dari 1,5GHz ke 2,5GHz.

Snapdragon S4 bakal menggandeng GPU Adreno 225, yang diklaim memiliki performa 50% lebih baik dibanding Adreno 220.

 

 

 

 

 

 



Pada sisi konektivitas, tampaknya SoC S4 akan mendukung teknologi LTE hingga GLONASS (Global Navigation Satellite System), yakni sistem navigasi satelit berbasis radio.

Snapdragon S4 Power Perfomance Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Chipset Qualcomm Snapdragon S4 diharapkan sudah bisa hadir secara nyata di dalam suatu perangkat pada semester awal 2012. Alhasil, nantinya SoC yang terdiri dari core Krait ini akan bersaing dengan quad-core Tegra 3, yang nantinya pun akan digunakan oleh beberapa smartphone. Kita tunggu saja hasil benchmark keduanya kelak, siapa yang lebih jago?!

[Wr]

Rate this item
(0 votes)
  • Last modified on Thursday, 21 November 2013 14:43
  • font size