pulsa-logo

Nokia Berencana Jual Here Maps


Woro Ari Prianto

Sabtu, 11 April 2015 • 12:01


Setelah kurang lebih setahun pasca Microsoft mengakuisisi pisi mobile-nya, Nokia kini dikabarkan akan menjual bisnis peta navigasinya, yakni Here Maps. Menurut Bloomberg, (10/04), Nokia ingin menjual bisnis petanya tersebut dalam rangka ingin fokus ke bisnis network nirkabel.

Dari Bloomberg diketahui beberapa calon pembeli potensial, yang tertarik untuk mengakuisisi Nokia Here Maps. Diantaranya ada Uber dan salah satu pabrikan mobil asal Jerman, yang belum diketahui pastinya (bisa BMW, Mercedes-Benz, atau pun Volkswagen Group).

Untuk saat ini bisnis peta Nokia ini ditaksir seharga USD $2,1 Milyar, jauh lebih kecil dari angka USD $8,1 Milyar saat Nokia membelinya dari perusahaan asal Chicago, Navteq ketika Nokia akan memulai bisnis ini.

Sekadar informasi, Here Maps diketahui sudah pre-instal di dalam perangkat Lumia Windows Phone milik Microsoft. Dan, untuk versi Android-nya Here Maps udah rilis tahun lalu, dimana saat ini tercatat sudah 2,5 juta pengguna mengunduhnya. Bahkan, saat ini pun Here Maps sudah tersedia untuk perangkat iOS.

Masih menurut laporan dari Bloomberg, jika Nokia tak mendapatkan harga yang "pantas" untuk Here Maps ini, maka dikabarkan belum akan menjualnya. (Woro Ari Prianto)

sumber