pulsa-logo

Memori Kosong di Sony Xperia M4 Aqua Ternyata Minim


Nariswari

Senin, 08 Juni 2015 • 11:05

memory internal, M4 Aqua, Xperia M4 Aqua, tabloid pulsa


Salah satu smartphone apik besutan Sony yakni Xperia M4 Aqua, dimana memiliki ketahanan terhadap air, termasuk debu. Hanya saja, jika Anda tertarik ingin segera membelinya, eitt tunggu dulu.

Ada kabar tak sedap terkait Sony Xperia M4 Aqua dengan varian memori internal 8GB. Dilaporkan bahwa petrangkat ini tidak sebenar-benarnya memiliki kapasitas penyimpanan memori internal sebesar 8GB. Pada kenyataannya, ruang penyimpanan internalnya sangat terbatas, hanya sekitar 1.25GB. Ini tentunya jauh lebih kecil dari smartphone sekelas lainnya yang beredar di pasaran.

Dilansir dari XperiaBlog, (07/06), seorang pengguna Xperia M4 Aqua versi 8GB model E2303 yang  berdomisili di Eropa, menuliskan unek-uneknya di Forum Xperia tentang pengalamannya yang kurang menyenangkan saat menggunakan Xperia M4 Aqua versi 8GB. Ia merasa agak "tertipu" dengan kapasitas memori internal yang dicantumkan oleh Sony di Xperia M4 Aqua 8GB, yang ternyata jauh dari ekspektasi.

Awalnya, si pengguna mencoba SIM gratis sehingga harus memiliki bloatware dari versi operator. Mau tidak mau dia harus menjalankan firmware dari smartphone tersebut dengan build number 26.1.A.1.100. Lalu dia men-screenshot interface dari firmware tersebut. Dia mengatakan bahwa dia men-screenshot interface firmware smartphone tersebut langsung saat setelah dibeli tanpa menginstal aplikasi baru apapun.

Anda dapat melihat bahwa dari janji 8GB penyimpanan, 4GB diambil oleh update OS Android 5.0 Lollipop dan lebih 2GB aplikasi pra-instal. Untuk model ini, total hanya menyisakan ruang penyimpanan internal 1.26GB. Sangat minim, bahkan untuk sekedar aplikasi, media, foto dan video. Bagi Anda yang merasa tidak masalah untuk menghapus beberapa aplikasi yang tidak diinginkan, mungkin tetap akan memilih Xperia M4 Aqua. Namun, sebagian besar aplikasi yang diinstal di dalam memori internal, sebagian besar tidak dapat dihapus.

Beberapa aplikasi bahkan memiliki ukuran file yang cukup  besar seperti contohnya Facebook. Menghapus beberapa aplikasi yang tidak diinginkan seperti Facebook, Kobo Books, AVG dan lain-lain mungkin akan dapat membebaskan sekitar 470MB ruang tambahan, tapi hanya bisa mendongkrak jumlah penyimpanan hingga 1.73GB saja. Jumlah penyimpanan internal ini jika Anda tanpa mengunduh atau menginstal aplikasi tambahan apapun. Kecil kemungkinan Anda bisa dengan mulus menambahkan beberapa aplikasi penting lainnya seperti Dropbox, Evernote, SwiftKey, Skype dan lain-lain di smartphone ini.

Hal di atas tentunya menjadi pertanda kurang baik untuk Sony. Tidak ada alasan apaun yang menjadikan  pengguna harus terbelenggu oleh batas penyimpanan di perangkat yang dijuluki smartphone alias ponsel cardas.


Pihak Sony memang belum memberikan tanggapan apapun terkait hal ini. Namun dipastikan Sony menyadari hal ini juga, oleh karena itu Sony juga merilis beberapa varian penyimpanan yang lebih besar dari Xperia M4 Aqua, dimana selain 8GB yakni 16GB (E2306, E2333, E2363).

Panduan Sony sendiri mencatumkan beberpa kekeliruan terkait berapa banyak ruang yang tersisa untuk pengguna. Berikut adalah kutipan dari kertas putih panduan pengguna yang dirilis oleh perusahaan di produk Xperia M4 Aqua, yang mengatakan "3GB bebas untuk pengguna" padahal sebenarnya itu adalah kurang dari setengah jumlah tersebut. "E2303, E2353 dan E2312 memiliki 3 GB memori internal yang bebas untuk pengguna yang dapat digunakan untuk download aplikasi dan data mereka, musik, gambar dan film sementara masing-masing perangkat memiliki hingga 8 GB memori internal secara total."

Oleh karena itu, dalam kondisi saat ini, banyak pihak yang menilai bahwa Xperia M4 Aqua versi 8GB seperti lumpuh. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari handset ini, pengguna harus menginstal sesuatu seperti Link2SD untuk membuat partisi aplikasi pada kartu SD. (Nariswari)

sumber