Atrk
ads skin gagal

Begini Cara iOS 9 Menghemat Baterai di iPhone dan iPad

  • Monday, 15 June 2015 17:37
  • Published in News

Peluncuran iOS 9, sumber: ApplePeluncuran iOS 9, sumber: Apple

Apple diketahui telah menambahkan beberapa fitur tambahan baterai untuk iOS 9. Pertama, daya tahan baterai pada iPhone dan iPad akan menghemat hingga satu pada OS terbaru. Hal ini dicapai dengan menggunakan hal-hal seperti sensor jarak yang akan mematikan layar saat diletakkan di meja pada posisi terbalik, meski ada notifikasi.

Selain itu, Apple menawarkan Low Power Mode yang akan menambah tambahan hingga tiga jam pada iPhone atau iPad. Bagaimana ini dicapai? Low Power mode dapat diaktifkan setiap saat dengan mengklik pengaturan pada baterai. iOS 9 juga akan meminta menanyakan kepada Anda apakah akan mengaktifkan fitur tersebut pada saat daya baterai tinggal 20% atau 10%.

Pengematan tiga jam itu akan mematikan modus sensor, menonaktifkan notifikasi push mail dan kecerahan layar diturunkan. Selain itu, layar akan lebih cepat mati plus tanpa ada background, pengaturan gerak dikurangi dan animasi wallpaper dihentikan. Kecepatan jaringan juga bisa diturunkan agar Low Power Mode benar-benar bisa menghasilkan tambahan waktu hingga 3 jam.

Mode Lowe Power Mode di iOS 9, sumber: PhonearenaMode Lowe Power Mode di iOS 9, sumber: Phonearena

Ini bukan sesuatu yang baru bagi pengguna Android, dan beberapa produsen bahkan menciptakan sistem penghematan baterai sendiri. Misalnya saja Power Saving Mode pada Samsung Galaxy S6 dengan meminimalkan kecepatan CPU, mengurangi kecerahan layar, mengurangi frame rate dan banyak lagi. Ultra Power Saving mode, merubah layar menjadi hitam putih dan menonaktifkan banyak aplikasi.

Di Android 5.0 juga sudah hadir modus penghemat baterai yang mengentikan getaran, mengurangi kinerja dan menhentikan beberapa aplikasi yang mengandalkan sinkronisasi, atau menunda pembaruan. Fitur ini dapat diaktifkan secara manual atau bisa juga diatur secara otomatis jika baterai mencapai 15% atau 5%. Fitur ini menurut Google bisa menambah daya tahan baterai hingga 90 menit. Di iOS fitur penghemat baterai memang terbilang baru. (*)

Sumber

Rate this item
(1 Vote)