pulsa-logo

Xiaomi Belum Berani Ekspansi ke AS, Ini Alasannya


PULSA

Sabtu, 27 Juni 2015 • 13:38


Logo XiaomiLogo Xiaomi

Pada sesi wawancara dengan Re / Code baru-baru ini, Wakil Presiden Xiaomi Hugo Barra mengutarakan bahwa perusahaan asal Tiongkok itu memang memiliki rencana untuk melebarkan bisnis smartphone ke Amerika Serikat (AS), tapi tidak dalam waktu dekat.

Sebaliknya, Barra menegaskan rencana Xiaomi untuk menjajal AS dengan menjual aksesoris seperti Mi Band dan berbagai headphone melalui toko web online. Terkait Mi Band, Barra mengisyaratkan fakta bahwa generasi kedua Mi Band bisa terintegrasi dengan sensor detak jantung.

Petinggi Xiaomi itu mengatakan bahwa perusahaannya akan menghadapi beberapa kendala untuk meluncurkan produknya di AS. Hambatan pertama adalah penawaran harga penuh (tanpa kontrak) menjadi sangat penting dan satu-satunya cara jualan dari model bisnis Xiaomi, namun ini sangat tidak populer di Amerika Serikat, di mana kebanyakan orang masih membeli ponsel mereka melalui subsidi operator.

Selanjutnya, Barra juga berbicara tentang fakta bahwa untuk menggaet pelanggan yang  besar membutuhkan waktu bertahun-tahun agar tertata dengan benar sebab pelanggan AS kurang sensitif terhadap harga dibandingkan dengan penggemar Xiaomi di Asia.

Meski diragukan bakal sukses  di AS, Xiaomi bisa saja memaksakan peluncuran di negeri Paman Sam itu hanya sekedar untuk mengejar gengsi.  Tapi rupanya itu tidak dipilih Xiaomi dan tampaknya Xiaomi lebih memilih mencari keuntungan secara financial. (*)

Sumber: Re/Code