pulsa-logo

5 Kekurangan HTC One M9 Hingga Tak Layak Dibeli


Nariswari

Rabu, 05 Agustus 2015 • 16:26

keburukan, kelemahan, kekurangan, android, HTC, One M9, tabloid pulsa


HTC One M9 (foto: engadget)HTC One M9 (foto: engadget)

Sejak awal dirilis pada Maret 2015 lalu, HTC One M9 dianggap sebagai "flagship killer" oleh vendor asal Taiwan itu di segmen high-end. Dibekali desain premium, fitur melimpah hingga spesifikasi tinggi, menjadikan HTC One M9 memang layak untuk diacungi jempol. Tapi siapa sangka, setidaknya ada 5 keburukan yang dimiliki oleh HTC One M9, yang mungkin bisa membuat calon konsumennya menimbang-nimbang kembali apakah akan membeli HTC One M9 atau tidak.

Berikut setidaknya 5 (lima) hal buruk yang ditemukan di HTC One M9, yang dirilis oleh ReviewTech. Ini dia:  

1. Minim Evolusi

Saat pandangan pertama melihat HTC One M9, sangat sulit membedakan desain dan bentuknya dengan HTC One M8. Memang, HTC tidak diwajibkan untuk membuat sebuah revolusi desain pada tiap seri smartphone-nya, namun banyak orang yang kemudian beranggapan negatif ke HTC, karena terkesan lamban dalam melakukan perubahan desain tambahan untuk flagship mereka.

Membandingkan HTC One M9 dan HTC One M8 pada bagian depan terlihat hampir identik satu sama lainnya. Hanya ada perbedaan kecil saat Anda membalik kedua smartphone tersebut, karena kedua kamera belakang memiliki bentuk yang berbeda. Bentuk sudut smartphone yang membulat dan lekukan di bagian casing belakang tampak identik satu sama lain. Begitupun dengan ukuran layar yang sama, menggunakan super LCD3 berukuran 5 inci. Selain itu ada perbedaan kecil lain yakni penempatan tombol power, yang kini berpindah ke sisi samping smartphone.


Dari segi dimensi pun hampir sama, hanya berselisih 1-2,5mm saja. HTC One M9 memiliki dimensi 144.6 x 69.7 x 9.6 mm, sedangkan HTC One M8 memiliki dimensi 146.4 x 70.6 x 9.4 mm. Menurut banyak pengguna, HTC One M9 hanya tampak seperti kembaran dari HTC One M8. Dan konsumen tidak akan benar-benar dapat menemukan perbedaan besar dari sisi desainnya.

2. Spek Kamera Lebih Rendah

HTC One M9 dibekali dual kamera. Kamera utama beresolusi 20 MP (5376 x 3752 piksel) yang didukung oleh autofokus, dual-LED (dual tone) flash, dan kamera depan resolusi 4 MP (1080p) @30fps, HDR. Kamera utama di HTC One M9 tidak lagi memiliki sensor Ultra-Pixel. Hanya di kamera bagian depan sebenarnya masih memiliki Ultra-Pixel, dan itu untuk membantu pengambilan gambar dalam pencahaya rendah.

Kembali ke kamera utama, ini adalah salah satu kemunduran terbesar untuk smartphone tersebut. Pasalnya sebelumnya mengusung dual-kamera utama, yang kini berubah menjadi tunggal untuk kamera belakangnya. Terlebih, HTC One M9 tidak mendukung perekaman merekam video 4K. HTC One M9 hanya support perekam video 2160p@30fps, 1080p@60fps, 720p@120fps, HDR, dan support perekaman video stereo.

Kamera depan pun mengalami penurunan resolusi jika dibandingkan dengan pendahulunya, yakni HTC One M8. Jika HTC One M8 memiliki kamera depan dengan resolusi 5 MP, 1080p@30fps, HDR, pada kamera depan di HTC One M9 hanya memiliki resolusi 4MP, 1080p@30fps, HDR. Hal ini tentu banyak disayangkan, terutama bagi pengguna yang aktif berfoto selfie.