pulsa-logo

Mobil Klinik Indosat Diperluas ke Beberapa Negara


Woro Ari Prianto

Kamis, 06 Agustus 2015 • 19:41


Ooredoo Group sebagai induk perusahaan Indosat diinfokan memperluas cakupan program Mobil Klinik di berbagai negara yakni Myanmar, Algeria, dan segera menyusul di Tunisia. Program Mobil Klinik merupakan program inisiatif Indosat yang telah diterapkan terlebih dahulu di Indonesia dan kemudian dikembangkan Ooredoo bekerja sama dengan Yayasan Lionel Messi untuk diterapkan di beberapa negara lain.

Mobil Klinik merupakan program yang diinisiasi oleh Indosat sejak tahun 2007 untuk memberikan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat terpencil (khususnya berfokus pada anak-anak) dan korban bencana alam. Mobil Klinik menyediakan berbagai fasilitas layanan kesehatan yang dilengkapi dengan perangkat medis, obat-obatan, tenaga medis profesional, pemberian nutrisi bagi anak serta edukasi tentang hidup sehat bagi masyarakat.

Khusus untuk peluncuran terakhir di negara Algeria bersama Yayasan Lionel Messi, H.E. Sheikh Abdulla Bin Mohammed Bin Saud Al Thani, Chairman of Ooredoo, mengatakan, "Misi Ooredoo adalah untuk memperkaya kualitas kehidupan masyarakat, dan kami sangat senang dapat mendukung masyarakat Algeria untuk terus berkembang melalui program Mobil Klinik Sehat sebagai inisiatif dari Ooredoo."

Di Indonesia, 16 Mobil Klinik telah dioperasikan Indosat di seluruh wilayah Indonesia dan hingga kini telah melayani lebih dari 680.000 orang/pasien khususnya masyarakat kurang mampu dan jauh dari fasilitas kesehatan yang memadai dengan memberikan fasilitas kesehatan gratis, termasuk sosialisasi tentang hidup sehat, penyediaan obat-obatan dan lain-lain. Mobil Klinik juga telah berperan dalam berbagai upaya penyelamatan dan pemulihan di berbagai bencana alam dan situasi darurat.

President Director & CEO Indosat Alexander Rusli mengatakan, "Indosat, sebagai pelopor dari Program Mobil Klinik di Grup Ooredoo merasa bangga bahwa inisiatif yang telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia, juga dapat diterapkan dan memberikan manfaat di berbagai negara lain melalui berbagai fasilitas kesehatan gratis."

Bintang sepak bola Lionel Messi mengatakan, "Sejak kami meluncurkan Mobil Klinik di tahun 2013, sangat mengagumkan melihat kemajuan program ini, berkembang dan dimulai kembali di berbagai negara baru. Setiap hari, Mobil Klinik ini memastikan bahwa generasi muda memiliki kesehatan yang baik sedini mungkin sehingga memungkinkan mereka untuk mengejar dan mewujudkan mimpi mereka."

 


Diantara berbagai tonggak pencapaian dari program ini, Program Mobil Klinik di Indonesia yang dioperasikan oleh Indosat berhasil meraih beberapa penghargaan, diantaranya MDGs Award untuk tahun 2008, 2009 dan 2010, khususnya untuk keberhasilan program meningkatkan kesehatan ibu dan menurunkan angka kematian anak. Mobil Klinik juga telah memperluas cakupan layanan dengan menyediakan obat-obatan, vaksin, dan edukasi tentang penyakit infeksi anak dan keluarga.

Dalam rangka memastikan Program Mobil Klinik Sehat ini benar-benar memberikan berbagai dukungan dan bantuan kesehatan di setiap negara dimana dia beroperasi, Ooredoo membentuk kemitraan dengan LSM terkemuka dan organisasi sektor swasta, baik di negara-negara dengan kondisi infrastruktur kesehatan yang sedang berkembang seperti di Myanmar, maupun masyarakat dengam infrastruktur kesehatan yang telah dikembangkan. (*)