pulsa-logo

Ini Penyebab Keterlambatan Proyek Ara


Nariswari

Kamis, 20 Agustus 2015 • 17:47

modular, proyek Ara, Project Ara, android, Google, tabloid pulsa


Proyek Ara yang digadang-gadang sebagai gerbang utama terciptanya ponsel modular mulai didengungkan sejak bertahun-tahun lalu. Namun kini proyek Ara dikabarkan mengalami penundaan dengan tenggat waktu yang belum jelas. Bahkan tim kerja Google yang menggarap proyek ini yakni Google's Advanced Technology & Projects (ATAP) enggan untuk memberikan keterangan apapun terkait penundaan  ini.

Awalnya ATAP menetapkan jadwal untuk memulai debut ponsel modular di AS pada 2016. Namun tanpa alasan yang jelas, ATAP menunda jadwal tersebut dengan alasan bahwa mereka perlu melakukan serangkaian "test menyeluruh" di ponsel modular pada Proyek Ara.

Namun kini tersiar kabar bahwa biang keladi dari penundaan ini adalah magnet electro-permanent yang "tidak pas" untuk digunakan di ponsel modular. Untuk informasi, Proyek Ara menggunakan magnet electro-permanent untuk melampirkan dan melepaskan modul.

Namun, berdasarkan beberapa keterangan dari narasumber, magnet electro-permanent tidak bekerja dengan baik di ponsel modular. Apalagi saat ponsel diuji dengan dijatuhkan (drop test) dalam ketinggian tertentu, modul ini kemudian rusak parah dan tercerai berai dari posisinya. Dan kini tim Proyek Ara di Google harus menemukan cara untuk mengatasi masalah modul magnet electro-permanent yang bisa disesuaikan dengan ponsel modular, agar bisa terkunci dengan baik, tak mudah terlepas namun mudah dipertukarkan (dimodulasi). (Nariswari)

sumber