pulsa-logo

LG Hadirkan TV OLED Pertama dengan Kemampuan HDR


Deni Hardian

Sabtu, 29 Agustus 2015 • 23:37


Menjelang perhelatan IFA 2015, LG tak hanya fokus di segmen Mobile dan aksesoris. Pada even kali ini, LG juga memperkenalkan perangkat TV dengan kemampuan spesial. LG telah mengkonfirmasi bakal menghadirkan empat koleksi anyar TV OLED-nya untuk dipamerkan di ajang tahunan ini.

Diantara koleksi tersebut yang bakal menarik perhatian adalah TV OLED dengan kemampuan menampilkan gambar High Dynamic Range (HDR). “Siapapun yang melihat langsung TV OLED kami dengan kemampuan HDR ini bakal berpikir bahwa kedua teknologi ini saling melengkapi dengan sempurna dalam satu perangkat,” ujar Lee In-kyu, Senior Vice Presiden LG Home Entertainment Company.

Hal ini menurutnya tak lepas dari keistimewaan panel OLED. Jauh berbeda dengan berbagai teknologi pada panel layar datar (Flat Panel Display) sebelumnya, OLED tak memerlukan rangkaian lampu sebagai pencahayaan belakang untuk menampilkan gambar. Sebagai gantinya, masing-masing LED (Light Emitting Diode) di dalamnya memiliki kemampuan menghasilkan pencahayaan sendiri secara organik.

Absennya pencahayaan belakang inilah yang secara signifikan memangkas ketebalan TV keseluruhan, menekan konsumsi listrik dan meningkatkan kemampuan menghasilkan detail gambar dalam warna-warni lebih dramatis. Bahkan dalam kondisi pencahayaan minim pun OLED mampu mencapai contrast ratio lebih tinggi ketimbang panel LED. “Keunggulannya inilah yang lantas membuat teknologi OLED diyakini sebagai masa depan teknologi panel layar datar,” ujar Lee In-kyu lagi.

Sementara HDR sendiri merupakan hasil pencitraan gambar dengan teknik tertentu yang membuat jangkauan pencahayaan pada gambar lebih luas dan tampil dinamis ketimbang pencitraan standar. HDR dapat dihasilkan dengan teknik pengambilan gambar pada tingkat pencahayaan berbeda dan kemudian menggabungkannya sehingga didapat jangkauan warna dengan pencahayaan lebih dramatis. menggaKeistimewaan ini membuat konten HDR dapat secara lebih akurat menunjukkan jangkauan level intensitas cahaya dan warna yang tampak dari sumber asalnya.  

Dengan menaruh kemampuan menyajikan konten HDR dalam OLED TV, memberikan pengguna tontonan yang lebih mengesankan dalam warna-warni dramatis. Lebih dari itu, LG OLED TV dengan kemampuan HDR ini memungkinkan pengguna untuk menyaksikan konten HDR baik dari sumber luar maupun opsi streaming. TV OLED LG dengan kemampuan HDR ini hadir dalam bentang layar 65inch dan 55inch. Terdapat dalam dua seri yaitu EF9500 dan EG9200. Disamping kemampuan menyajikan konten HDR, keistimewaan seri EF9500 ada pada resolusi yang mencapai 4K.

Sementara daya tarik lain dari seri EG9200 dengan layar 55inch berada pada bodi super tipisnya dengan ketebalan hanya 4.8mm yang membuatnya tampil elegan. Tak cuma bodi, tepian layar EG9200 pun dibuat sangat tipis sehingga menimbulkan kesan bak layar bioskop yang nyaris tanpa tepian. Saking tipisnya dikatakan tepian pada TV OLED LG ini lebih tipis dibanding yang biasa ditemui pada smartphone.


Tak berhenti sampai disitu, LG menerapkan material transparan bagi penyangga TV ini. Hal yang menambah kenyamanan pengguna dalam menonton untuk benar-benar berfokus pada layar tanpa gangguan visual lain. Apalagi, “Dengan pilihan layar datar dan melengkung, membuat pengguna dapat memilih yang paling sesuai untuk segala ruang pada tempat tinggalnya,” ujar Lee In-kyu lagi.

Disamping TV OLED dengan kemampuan HDR ini, LG juga membawa serta satu seri lain yang memiliki desain layar lengkung yaitu EG9100. Keistimewaan desain EG9200 pun diterapkan pada seri ini.

Keseluruhan koleksi anyar TV OLED LG ini dilengkapi dengan webOS 2.0 yang merupakan platform pembaruan bagi fungsi smart TV-nya. Platform ini dkatakan menjanjikan navigasi lebih mudah dan intuitif disamping opsi personalisasi lebih baik pada menu Launch Bar. “Koleksi terbaru TV OLED ini merupakan pernyataan komitmen LG pada pengembangan dan pemasaran OLED TV. Sekaligus komitmen kuat perusahaan untuk memimpin generasi selanjutnya dari pasar TV,” ujar Lee In-kyu.