Atrk
ads skin gagal

Resmi Diumumkan, Huawei Mate S Bawa Teknologi Force Touch Sensor

  • Wednesday, 02 September 2015 23:44
  • Published in News

Huawei Mate S Music 980x1437 Images Data 2015 September Thumb Other400 0

Beberapa bulan lalu saat peluncuran Huawei P8 untuk area Pasifik Selatan di Singapura, sejumlah wartawan menyayangkan strategi Huawei yang tidak menyertakan kemampuan pemindai sidik jari ke dalam produk flagship mereka saat itu. Padahal fitur tersebut pernah mampir di produk-produk yang hadir lebih dulu.

Rupanya Huawei punya strategi menarik terkait teknologi tersebut. Sebagai bukti, di ajang IFA 2015 kali ini, teknologi pemindai sidik jari kembali hadir dalam produk Huawei Mate S. Lengkap dengan sejumlah fitur menarik terkait jemari Anda, semisal Force Touch Sensor yang akan menyempurnakan fitur knucke control yang pernah hadir di P8.

Huawei Mate S merupakan produk yang cukup mungil, membawa layar AMOLED 5.5 inci, beresolusi full HD (1920 x 1080 pixel), dan disebut-sebut membawa saturasi warna hingga 105 persen. Masuk akal untuk sebuah produk yang menggunakan layar jenis AMOLED. Layar ini kemudian dilindungi oleh lapisan Gorilla Glass 4, bukan sekedar melindungi dari goresan atau benturan fisik, namun kehadirannya disinyalir untuk memungkinkan berjalannya fitur baru hasil pengembangan fitur Knuckle control yang sudah ada di Huawei P8.

Huawei Mate S Knuckle Images Data 2015 September Thumb Other400 0

Fitur tersebut menggunakan force touch sensor, dimana layar akan mengenali kekuatan sentuhan yang diterima oleh sensor. Sensor tersebut akan membedakan sentuhan yang diterima, apakah itu sentuhan dari ibu jari, atau bagian belakang jari Anda, seperti posisi mengetuk pintu. Sekedar mengingatkan, di Huawei P8 Anda bisa mengabadikan layar (melakukan Screenshot) dengan mengetuknya dua kali. Dengan sensor yang telah disempurnakan di balik layar Huawei Mate S, maka akan lebih banyak kemungkinan untuk mengontrol ponsel ini.

Masih bicara tentang sensor, seperti yang sudah disebutkan di awal tulisan ini, Huawei Mate S membawa sensor sidik jari yang diletakkan di bagian belakang ponsel. Tepatnya beberapa mm di bawah lensa kamera utama. Mengingat bahwa di situlah letak jari kita saat menggunakan ponsel, maka posisi sensor ini dirasa cukup tepat.

Huawei Mate S Fingerprint Images Data 2015 September Thumb Other400 0

Ponsel ini sendiri berukuran 149.8 x 75.3 x 7.2mm, dimana ketebalannya berangsur mengecil sehingga terlihat rounded. Dengan bobot 156 gram, ponsel ini masih membawa baterai yang dapat diandalkan, berkapasitas 2700 mAh. Sebagai ponsel anyar, Mate S akan dipersenjatai dengan Android 5.1.1 dengan Huawei EMUI 3.1.
 
Beralih ke bagian dalam, layaknya ponsel Huawei keluaran baru lainnya, Mate S dipersenjatai chipset milik sendiri, yakni Hisilicon Kirin 935 yang membawa dua prosesor quad core, berkecepatan hingga 2.2 GHz. Lalu juga ditemani oleh RAM sebesar 3GB, dan media penyimpanan internal sebesar 32 GB untuk versi standar, dan 64 GB untuk versi premium. Kabarnya bakal ada lagi satu versi yang akan diumumkan dengan membawa storage 128 GB.

Seperti P8, Huawei Mate S juga membawa kamera yang menjanjikan. Ada kamera 13 megapixel dengan sensor BSI yang membawa lapisan warna RGBW (red-green-blue-white) untuk meningkatkan kemampuan mengumpulkan cahaya, dibantu dengan lensa f/2.0 dan dual LED flash. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur OIS (optical image stablilization), mampu menjaga stabilitas gambar hingga 1.2 derajat. Bagian permukaan lensa dibuat dari kristal safir sebagai tambahan perlindungan.

Bagi yang suka selfie, jangan khawatir! Huawei Mate S juga membawa kamera depan yang beresolusi cukup tinggi, yakni 8 megapixel dengan lampu flash  yang lembut. Tidak ada auto fokus, dengan aperture f/2.4. Ditemani oleh sejumlah fitur selfie untuk memperbaiki hasil foto depan, nampaknya kamera selfie Huawei Mate S pun layak untuk dinanti ketangguhannya.

Huawei Mate S akan diluncurkan di sejumlah Negara pada akhir bulan ini dengan perkiraan harga sekitar €649 untuk versi standar, €699 untuk versi premium. 

Rate this item
(1 Vote)
  • Last modified on Thursday, 03 September 2015 00:05
  • font size