pulsa-logo

Apakah HTC One M9+ Lebih Baik Dari One M9?


Epi Kusnara

Kamis, 03 September 2015 • 18:00

HTC One M9, HTC One M9+, harga HTC One M9,HTC One M9, tabloid pulsa


HTC One M9+ resmi meluncur di Indonesia melompati pendahulunya, HTC One M9. Embel-embel 'Plus' pada smartphone sejatinya adalah sebagai tanda yang menyebutkan bahwa smartphone tersebut lebih dari pendahulunya. One M9+ memang hadir mengusung layar lebih besar, resolusi layar lebih tinggi, duo kamera di belakang dan penambahan Finger Print Scanner. Namun, ternyata smartphone ini beralih menggunakan chipset Helio X10 milik Mediatek dari yang sebelumnya One M9 menggunakan chipset Snapdragon 810.

"Kami telah melakukan benchmark pada prosesor dari buatan kedua perusahaan tersebut. Dan hasilnya kami merasa tidak ada perbedaan performa yang signifikan dari keduanya," ungkap Faisal Siddiqui, Presiden HTC untuk Wilayah Asia Selatan, saat ditanya mengapa beralih dari Snapdragon ke Mediatek.

Benarkah tidak ada perbedaan? Dengan beralihnya dari Snapdragon 810 ke Helio X10, HTC telah meniadakan fitur Fast Charging yang sejatinya mulai menjadi nilai jual pada beberapa smartphone flagship vendor lain. Namun terlepas dari hal itu, Snapdragon 810 yang digunakan One M9 memang membuat smartphone yang berlapis material metal itu didera isu over heat. Lantas, kenapa HTC tidak menggunakan Snapdragon 810 v.2.1 seperti yang digunakan OnePlus Two?

Lalu, coba lihat perbandingan hasil test benchmark berikut.



Terlihat bahwa Helio X10 tidak lebih baik dari Snapdragon 810. Bahkan dalam memainkan game 3D, jelas Helio X10 tertinggal oleh Snapdragon 810. Bagi Anda yang gemar memainkan game dengan grafis tinggi tentu hal ini akan menjadi nilai minus saat mempertimbangkan untuk membeli smartphone yang dibanderol seharga Rp. 9.999.000,- ini. (*)