pulsa-logo

Apple Akuisisi Startup Pengembang Kecerdasan Buatan


Nariswari

Jum'at, 09 Oktober 2015 • 14:36


Apple akuisisi PerceptioApple akuisisi Perceptio

Apple dikabarkan telah membeli sebuah perusahaan startup bernama Perceptio. Startup kecil ini berfokus pada pengembangan teknologi Artificial Intelligence (AI), yang didirikan oleh Nicolas Pinto dan Zak Stone.

Perceptio fokus pada pengembangan teknologi yang akan memungkinkan tiap perusahaan smartphone bisa menciptakan sistem kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dengan mudah tanpa perlu berbagi data pengguna di cloud.

Perceptio selama ini mengembangkan beragam teknik guna menjalankan sistem AI pada smartphone, tanpa harus menarik dari repositori data eksternal. Ini sesuai strategi Apple yang mencoba meminimalkan penggunaan data pelanggan dan melakukan sebanyak mungkin pengelolaan Artificial Intelligence pada perangkat.

Menurut Bloomberg, baik Stone maupun Pinto mengatakan bahwa Artificial Intelligence yang mereka buat mengkhususkan diri pada penciptaan sistem pengenalan gambar (image-recognition), menggunakan pembelajaran dan serangkaian pengujian yang mendalam.Perceptio bekerja pada kecerdasan buatan berbasis privasi, mencari tahu bagaimana menjalankan algoritma "jaringan saraf" yang kompleks pada smartphone.

Sebelum diakuisisi oleh Apple, mereka bekerja pada teknologi pengenalan wajah dan telah merilis sebuah aplikasi berbagi video yang disebut Smoothie.

Kemungkinan pembelian Perceptio akan memudahkan Apple dalam mendongkrak kemampuan Siri tanpa mengorbankan dedikasi dan janji Apple untuk melindungi privasi pengguna. (Nariswari)

sumber