pulsa-logo

Huawei Menjadi Nomor 1 di Pasar Smartphone Tiongkok


Nariswari

Kamis, 15 Oktober 2015 • 14:30

huawei, pasar, smartphone, tiongkok, tabloid pulsa


Tak dipungkiri bahwa Tiongkok merupakan pasar penjualan smartphone yang sangat strategis, terutama terkait jumlah penduduknya yang paling besar di dunia. Maka tidak heran jika makin banyak vendor smartphone yang menciptakan smartphone terbaru, termasuk bermunculannya vendor baru di negeri tirai bambu tersebut.

Brand global seperti Apple pun ikut mencoba peruntungan di Tiongkok. Tetapi siapa sangka, di balik ketatnya persaingan smartphone di Tiongkok, Huawei sekali lagi mengambil posisi teratas di pasar smartphone Tiongkok pada kuartal Q3 2015.

Berdasarkan laporan yang dirilis badan statistik TrendForce, Huawei berhasil mencapai peringkat #1 untuk produsen smartphone Tiongkok, dimana pangsa pasarnya mencapai 18,7% di kuartal ketiga 2015. Huawei juga menempati peringkat tertinggi selama kuartal kedua tahun 2015, dengan pangsa pasar 17,9%. Artinya pangsa pasar pabrikan Huawei ini telah tumbuh sekitar 0,8%.

Laporan itu juga menyatakan bahwa Huawei berhasil mencapai target ekspektasinya, untuk pengapalan 100 juta unit perangkat di kuartal ketiga tahun ini. Pasalnya dengan kinerja saat ini, Huawei mungkin dapat mencapai 110 juta unit hingga akhir tahun ini. Bila dibandingkan dengan kinerja tahun lalu, pengiriman Huawei telah tumbuh sekitar 40%.

Seorang analis dari TrendForce bernama Avril Wu mengatakan, "Huawei adalah yang merek smartphone Tiongkok pertama yang berhasil mencapai 100 juta unit dalam volume pengiriman tahunan. Tetapi  belum bisa dipastikan akan menjadi satu-satunya vendor Tiongkok yang bisa mencapai ambang batas prestasi ini di  tahun ini."

Untuk peringkat global, Huawei masuk pada posisi ketiga (Q2 dan Q3 2015), dengan pangsa pasar masing-masing 7,5% dan 8,4%. Ini menempatkan Huawei di bawah Samsung dan Apple, yang memiliki pangsa pasar masing-masing 26,7% dan 24,6%.

Pada laporan tersebut mencantumkan pula merk Xiaomi dan Lenovo sebagai produsen smartphone Tiongkok kedua dan ketiga dengan peringkat "baik" di kuartal dua dan tiga tahun 2015. (Nariswari)


sumber