pulsa-logo

Tahun Ini Samsung Bakal Alami Penurunan Pengiriman Pertama


dian iskandar

Kamis, 15 Oktober 2015 • 15:50

Samsung vs Apple, Samsung vs Xiaomi, Xiaomi Mi3, Mi4, Mi5, huawei, Apple, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, tabloid pulsa


Logo SamsungLogo Samsung

Laporan terbaru dari perusahaan riset pasar TrendForce, tahun ini Samsung akan mengalami sedikit penurunan pengiriman smartphone dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Setelah terus mengalami kenaikan pertumbuhan, sekarang bisnis smartphone Samsung turun untuk pertama kalinya, meskipun dalam angka yang sangat kecil.

TrendForce memperkirakan bahwa Samsung akan mengapalkan sekitar 323,5 juta smartphone pada 2015, atau turun satu persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tentu, penurunan ini tak terlalu berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, tapi itu adalah tanda bahwa Samsung sedang berjuang untuk mempertahankan cengkeramannya atas pasar smartphone global.

Sumber: trendForceSumber: trendForce

Dalam laporan terbaru Samsung, pengamat pasar TrendForce meyakini penyebab yang juga sering dolontarkan banyak periset, yakni semakin meningkatnya persaingan dari para produsen ponsel yang berbasis di Tiongkok, dan imbasnya mengenai sehmen low dan middle Samsung. Namun, jika Samsung dapat membatasi kerugian untuk satu persen penurunan YoY, maka pemegang saham perusahaan mungkin memiliki tidak perlu khawatir.

Nah, untuk Apple, perusahaan asal AS itu justru terus menikmati pertumbuhan pengiriman berkat kinerja seri iPhone 6 dan iPhone 6s. Menurut TrendForce, Apple akan mengapalkan sekitar 223,7 iPhone pada 2015, atau tumbuh 16 persen dibandingkan 2014. (*)

Sumber: TrendForce