pulsa-logo

Terkait Desain iPhone "Dijiplak", Apple Tak Akan Gugat HTC


Nariswari

Senin, 26 Oktober 2015 • 16:42

copy, iphone 6, iphone 6s, HTC One A9, tabloid pulsa


HTC One A9HTC One A9

HTC pada pekan ini telah mengumumkan HTC One A9. Sangat mengejutkan dimana ditemukan fakta bahwa desain smartphone HTC One A9 ternyata sangat mirip dengan iPhone 6 dan iPhone 6S. Dan HTC secara terang-terangan mengakui adanya kemiripan produk terbarunya itu dengan smartphone Apple itu. HTC malah mengklaim bahwa kemiripan desain itu sebenarnya karena Apple yang "menjiplak" desain HTC.

Berbeda dengan sikap HTC yang cenderung menyerang Apple, pihak Apple memilih untuk bersikap bijaksana dengan tidak melayani tuduhan HTC. Apple pun mengatakan bahwa mereka tidak akan menuntut HTC ke jalur hukum.

Padahal, untuk diketahui bahwa Apple selama ini dikenal cukup reaktif dan cepat untuk memulai proses litigasi, dengan Samsung misalnya, yang terkait setiap paten yang diklaim telah dilanggar oleh vendor asal Korea Selatan tersebut. Meskipun paten itu adalah paten yang sangat kecil atau sederhana.

 

Akan tetapi ini berbeda dengan reaksi Apple ke HTC. Hal ini bila menilik ke tahun 2012, dimana HTC dan Apple mencapai kesepakatan dengan perusahaan Taiwan itu, dimana HTC akan membayar Apple sebesar USD $6- USD $8 per perangkat Android sebagai sanksi dari biaya paten. Ketentuan kesepakatan antara HTC dan Apple memang masih dirahasiakan hingga saat ini. Namun ketentuan itu kabarnya diberlakukan selama 10 tahun, dan ini adalah tahun ke-3 kesepakatan itu sudah berjalan.

 

Ray Yam, Presiden HTC Cina memberikan pernyataan terkait kesepakatan paten HTC dengan Apple tahun 2012 lalu. "Penyelesaian dengan Apple akan kami mulai guna melunasi tahun depan. Manfaat terbesar bagi kami adalah bahwa kami dapat menempatkan lebih banyak energi ke dalam inovasi, yang lebih penting dari apa pun untuk sebuah perusahaan teknologi".


Ucapan Ray Yam tersebut seperti bertolak belakang dan ironis jika kita melihat kenyataan bahwa desain HTC One A9 nyaris mirip dengan iPhone 6 dan iPhone 6S, khususnya terkait hal inovasi. (Nariswari)

sumber