pulsa-logo

Facebook Rubah Definisi 'Pengguna Aktif'


Nariswari

Senin, 09 November 2015 • 15:53


Facebook dikabarkan telah mengubah definisi "Pengguna Aktif" pada jejaring sosialnya. Selama ini pengguna aktif di Facebook dimaknai sebagai pengguna Facebook yang memang sering memperbaharui (update) status, menulis banyak hal di timeline, men-share berbagai macam link ke teman, bahkan memberikan Like atau komentar ke postingan teman. Kini  Facebook telah mengubah definisi itu.

Pengguna kini tidak diharuskan untuk benar-benar aktif menulis dan berbagi banyak hal di Facebook, agar dikategorikan sebagai "Pengguna Aktif". Menurut pernyataan Facebook pada saat pengumuman laba perusahaan di kuartal ketiga 2015, pihak Facebook hanya menghitung jumlah pengguna yang benar-benar mengunjungi atau Login ke Facebook di Web atau perangkat mobile. Atau masuk ke dalam menu Facebook Messenger.

Jadi, Facebook kini hanya melihat pengguna yang aktif berdasarkan sering tidaknya Login ke Facebook, bukan berdasarkan sering tidaknya memperbaharui status atau berbagi di Facebook.

Yang benar-benar terlihat mengejutkan adalah bahwa Facebook kini telah memiliki 1,55 miliar pengguna yang masuk dalam kategori pengguna aktif! Itu berarti Facebook telah berhasil menambah 60 juta pengguna baru pada kuartal terakhir.

Pencapaian tersebut sekaligus membuktikan bahwa Facebook telah jauh melampaui Twitter. Sebagai perbandingan, Twitter hanya menambahkan 4 juta pengguna baru di kuartal terakhir. (Nariswari)

sumber