pulsa-logo

Uji Carrier Aggregation Smartfren 4G LTE-A Capai 167 Mbps


Deni Hardian

Kamis, 12 November 2015 • 10:13


Smartfren Uji Jaringan Bogor-JakartaSmartfren Uji Jaringan Bogor-Jakarta

Tak hanya mempersiapkan layanan VoLTE, dalam uji jaringan Smartfren 4G LTE-A yang digelar oleh Smartfren dan awak media untuk area Jakarta dan Bogor, sekaligus menjadi ajang pembuktian terkait kesiapan Smartfren setelah melaksanakan peluncuran 4G LTE Advanced.

"Smartfren terus memaksimalkan kesiapan jaringan 4G LTE Advanced di kota Jabotabek pada uji jaringan ini. Sehingga diharapkan nantinya performa 4G LTE Advanced Smartfren dapat tampil maksimal untuk melayani masyarakat," kata Munir S.P., Head of Network Special Project Smartfren.

"Kehadiran Smartfren sebagai operator penyelenggara 4G LTE Advanced pertama di Indonesia menunjukkan komitmen kami untuk selalu cepat dan tanggap dalam mendengarkan kebutuhan pelanggan, khususnya untuk permintaan akses internet cepat dan stabil bagi para pelaku industri, pengguna dengan mobilitas data yang tinggi, pebisnis dan pelajar serta mahasiswa sebagai pengguna mobile data mayoritas di area ini," ujar Roberto Saputra, Direktur Smartfren.

Munir S.P., Head of Network Special Project SmartfrenMunir S.P., Head of Network Special Project Smartfren

Di sela pelaksanaan uji jaringan, Smartfren menunjukkan kemampuan teknologi carrier aggregation bertempat di network 4G LTE Advanced laboratorium, BSD. Dengan menggunakan carrier aggregation, pelanggan dapat memperoleh kecepatan maksimal Smartfren 4G LTE Advanced. Selain menunjukkan kemampuan carrier aggregation, Smartfren pun melakukan finalisasi uji coba VoLTE saat mengunjungi network operation center.

Hasil uji coba menggunakan teknologi Carrier Aggregation mencapai kecepatan 167 Mbps. Sedangkan uji coba yang dilakukan di luar laboratorium network 4G LTE-A, yang berlokasi di restoran area tol Cibubur mencapai kecepatan 80 Mbps. Pengujian jaringan dengan teknologi Carrier Aggregation tentunya menggunakan perangkat smartphone yang memiliki spesifikasi diatas rata-rata seperti sudah mendukung teknologi LTE Cat6. (deni)