pulsa-logo

Ada Lenovo Di Balik Kehadiran Smartphone ZUK


Arief Burhanuddin

Kamis, 26 November 2015 • 12:58

lenovo, balik, kehadiran, smartphone, zuk, spesifikasi


Anda mungkin belum pernah mendengar sebuah startup pembuat smartphone bernama Zuk, namun Anda mungkin familiar dengan nama perusahaan yang membackupnya - Lenovo. Saat mulai diperkenalkan pada pertengahan tahun ini, smartphone pertama Zuk - dinamai dengan Z1 - mulai menggoda konsumen dengan pendekatan yang menarik. Spek yang tinggi, material kelas atas, kapasitas baterai besar dan disain minimalis dilempar ke pasar dengan harga yang masuk akal dibanding smartphone flagship dengan spesifikasi sejajar.

Pada tanggal 11 Agustus 2015, Zuk Z1 secara resmi melenggang dalam sebuah ajang pameran di Beijing. Zuk sekaligus memeperkenalkan dua versi Z1 dimana salah satunya merupakan versi global yang akan dijual secara internasional.

Dijual di Eropa dengan OS Cyanogen

Tak seperti kompetitor Cina lainnya, Zuk dengan cepat bergerak mengambil peran dalam market share penjualan smartphone internasional. Hanya dalam jangka waktu sebulan setelah rilis di Cina, Zuk Z1 telah dijual di Eropa melalu situs jual beli eBay dan Amazon.

Secara tampilan, Kedua versi Z1 tampak identik, namun jika ditelaah lebih lanjut terutama dari sisis software, ada perbedaan besar diantara keduanya.

Untuk versi Cinanya, Zuk memilih untuk menggunakan sistem operasi Android 5.1.1 dengan skin buatan mereka sendiri yang dinamai ZUI. Zuk Z1 sendiri dijual seharga 1800 Yuan atau kalau dirupiahkan menjadi sekitar Rp 3,8 juta. Berita baiknya, Zuk berjanji akan merilis update sistem operasi Marshmallow sebelum Maret 2016. Z1 dijual melalui toko onlinenya sendiri http://www.zuk.com/store/


Versi global dari Z1 menggunakan sistem operasi Cyanogen 12.1 - sistem operasi berbasis Android yang bebas layanan Google - dijual melalui Amazon di Eropa. Di Inggris, smartphone ini dijual seharga £280 (sekitar Rp 5,8 juta). Di Spanyol, Jerman dan Perancis, Z1 dibanderol 300 Euro atau sekitar 4,3 juta rupiah.

Meski Google tidak terlibat langsung dalam proyek Canogen ini, Z1 versi internasional tetap menghadirkan ragam layanan Google seperti Google Play, Gmail , Youtube dan layanan Google lainnya.

z1cmparisonz1cmparison

 

Frame Alumunium dengan Spesifikasi Kuat

Zuk Z1 bukanlah smartphone dengan disain yang paling menarik secara visual. Namun keputusan untuk hadir secara minimalis dengan menggunakan bahan aluminium sekelas yang digunakan oleh pesawat terbang merupakan keputusan yang patut diapresiasi. Z1 versi global sudah kompatibel dengan jaringan 4G dengan spesifikasi layar 5,5 inci dengan resolusi 1080p.

Bagaimana dengan spesifikasi lainnya? Z1 didukung oleh chipset dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 801 2.5GHz dengan RAM 3GB. Bukan chip terbaru dari Qualcomm, tapi Zuk meyakini bahwa chipset itu lebih hemat daya, dan diyakini tidak akan menimbulkan kekhawatiran tentang panas berlebih. Zuk tidak tanggung-tanggung soal ruang penyimpanan dan kapasitas baterai. Z1 dengan menyediakan ruang simpan hingga 64GB dengan baterai berkapsitas 4.100mAh.

@ariefburhan