pulsa-logo

Indosat: Januari 2016, 4G LTE TDD 2300 MHz Siap Meluncur


Hairuddin

Senin, 30 November 2015 • 17:20


 

Indosat Ooredoo mulai mengkomersialisasikan layanan 4G LTE FDD di frekuensi 900 MHz dan 1800 MHz. Seperti operator seluler lain, Indosat juga menerapkan teknologi carrier aggregation untuk menjamin kedua kanal frekuensi tersebut bisa beroperasi dengan optimal.

 

Namun, pertumbuhan akses data yang terus meningkat dan berdasarkan catatan Indosat hingga Q3 2015 pelanggan data Indosat mencapai 33 juta, dengan peningkatan penggunaan data mencapai 155% dibanding periode tahun sebelumnya. Untuk mengakomodasi pertumbuhan tersebut, Indosat pun mulai mengembangkan 4G LTE di frekuensi 2300 MHz atau yang menggunakan teknologi TDD (Time Division Duplex).

 

Alexander Rusli, President Director dan CEO Indosat Ooredoo mengatakan, “Indosat Ooredoo juga tengah mengembangkan LTE TDD 2300 MHz yang lisensinya dipegang IM2, dan akan launch pada Januari tahun depan”.

 


Dengan dikembangkannya jaringan LTE tersebut, Indosat Ooredoo akan bersaing dengan Bolt dan Smartfren. Khusus frekuensi LTE 2,3 GHz Ini, Indosat akan lebih memfokuskannya untuk akses data. Sementara untuk vendor jaringan 4G LTE 2,3GHz tersebut, Indosat Ooredoo menggandeng Huawei,” tambah Alex.

 

Sebagai catatan, sejak berganti ‘baju’ menjadi Indosat Ooredoo, strategi kedepan operator seluler yang telah memiliki 69 juta pelanggan ini akan lebih fokus ke sektor digital.