pulsa-logo

2016, Google Tetap Konsisten Dukung Penelitian Keamanan Cyber


Nariswari

Senin, 21 Desember 2015 • 13:25

google, tetap konsisten, dukung penelitian, keamanan Cyber, tabloid pulsa


Perusahaan semacam Google, yang memiliki konsentrasi bisnis pada layanan pencarian dan browser, tentu menjadikan sektor keamanan cyber (cyber security) sebagai titik fokus utama. Tidak heran, jika perusahaan raksasa tersebut sampai memiliki lebih dari 500 insinyur perangkat lunak dan ahli keamanan cyber terbaik, yang ditugaskan melindungi aset-aset penting dan berbagai layanan Google  seperti Google Drive.

Google Drive dianggap sebagai aset penting bagi Google, karena selain memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak, solusi penyimpanan berbasis cloud miliknya itu memiliki pesaing-pesaing kuat di pasar global semisal layanan cloud milik Microsoft: OneDrive.

Itulah sebabnya tim Google Drive harus benar-benar memastikan bahwa layanan Google Drive bisa menjadi produk pilihan yang benar-benar aman, sehingga banyak digunakan oleh pengguna.

Berkaca dari situ, tim Google memutuskan untuk melanjutkan program penghargaan untuk penelitian keamanan Google Drive di tahun 2016 mendatang. Itu semua bertujuan membantu Google dalam menemukan bug, celah dan lubang keamanan yang beresiko, dimana membantu memastikan data di Google Drive tetap aman.

 

Bentuk dukungan dari Google yaitu menyediakan pendanaan serta penghargaan bagi para peneliti keamanan independen. Seperti diketahui, Google beberapa tahun belakangan rutin menjalankan program penghargaan untuk penelitian keamanan cyber. Nah, pada tahun 2016 nanti, Google menjanjikan dana sebesar USD $1.000.000 (Rp.13,85 milyar) sebagai penghargaan, bagian dari program tersebut.

Jikalau ternyata si peneliti tidak menjadi bagian dari tim penelitian keamanan cyber dari Google, mereka masih mendapat kesempatan mendapatkan penghargaan berupa uang tunai sebesar USD $20.000 (Rp.277 jutaan). Bagi peneliti independen yang bisa menemukan celah di Google Drive dan melaporkan "masalah" yang berbahaya tersebut ke Google, akan diberikan imbalan sesuai janji Google itu.


Tim Google Drive mengatakan bahwa langkah Google dengan memberikan program penghargaan bagi  peneliti keamanan cyber ini merupakan titik potensial bagi perusahaan, mengingat semakin banyak orang menggunakan Google Drive dalam perangkat Android dan Chromebook. (Nariswari)

sumber