pulsa-logo

Dimulai dengan Android N, Platform Java akan Diganti dengan OpenJDK


dian iskandar

Rabu, 30 Desember 2015 • 17:35

Dimulai dengan Android N, Platform Java akan Diganti dengan OpenJDK, tabloid pulsa


Logo javaLogo java

Google telah mengkonfirmasi VentureBeat bahwa Android akan menghentikan penggunaan API Java di Android N. Untuk menghindari gugatan hak cipta, Google OS open source akan beralih ke OpenJDK.

OpenJD K adalah versi open source dari Java Development Kit yang ditawarkan oleh Oracle. Ada sejarah hukum yang panjang pada 2010 lalu, ketika Oracle pertama menggugat Google karena menggunakan API Java tanpa izin. Google menyatakan bahwa API tidak bisa mendapatkan perlindungan hak cipta mengingat tempat mereka dalam pengembangan perangkat lunak.

Pada tahun 2012, juri memutuskan memenangkan Google, meskipun dua-tahun kemudian keputusan itu ditarik kembali. Juni lalu, Mahkamah Agung AS menolak kasus ini dan diserahkan kembali ke pengadilan yang lebih rendah.

Jika keputusan akhir ini memenagkan Oracle, Google mungkin bertanggung jawab untuk semua perangkat bertenaga Android yang dijual sebelum Android N. Tapi jika Google menang tidak akan mengubah rencana perusahaan itu untuk mengganti Java dengan OpenJDK. Google masih percaya bahwa API tidak dapat memiliki hak cipta.

Efek keseluruhan untuk pengembang adalah bahwa mereka akan menulis aplikasi pada kode yang lebih sederhana. Dan sementara Google mungkin mengatakan bahwa penggantian itu dibuat untuk mendukung kode sumber terbuka.

Sumber: Google via Slashgear