Atrk
ads skin gagal

Mulai 28 Januari, Layanan iTunes Radio Akan Berbayar

Apple ITunes Radio Images Data 2016 Januari Thumb Other400 0

Bagi yang sering menikmati layanan iTunes Radio, selama ini bisa menikmati layanan tersebut secara gratisan. Tetapi tampaknya dalam waktu dekat ini harus menyiapkan dana tambahan. Pasalnya mulai 28 Januari 2016 ini, Apple menetapkan kebijakan bahwa iTunes Radio akan menjadi layanan berbayar dengan sistem berlangganan.

Apple secara bertahap telah mengirimkan email ke tiap pengguna iTunes Radio, dimana menginfokan kepada mereka bahwa mulai 28 Januari 2016, iTunes Radio akan bergabung dalam layanan streaming musik. Dan tidak lagi gratis.

"Kami telah mem-broadcast siaran premier Beats 1 gratis dari Apple secara bertahap akan disiarkan ke beberapa media yang didukung iklan pada akhir Januari 2016. Selain itu, dengan layanan musik Apple, pendengar dapat mengakses puluhan stasiun radio yang dikuratori oleh tim ahli musik kami, meliputi berbagai genre, dan layanan yang bebas iklan komersial," kata juru bicara Apple saat diwawancara BuzzFeed News.

Pihak Apple menerapkan sistem percobaan gratis selama tiga bulan pertama untuk pengguna yang ingin mencicipi layanan fitur radio di Apple Music tersebut. Jika pengguna lebih memilih stasiun radio berdasarkan genre favorit atau artis, maka perlu merogoh kocek sekitar USD $10 tiap bulannya untuk berlangganan layanan radio ke Apple Music, setelah masa percobaan berakhir.

Untuk informasi, layanan iTunes Radio diresmikan pada 2013 bersama update iOS 7. Awalnya layanan ini hanya tersedia di Australia dan Amerika Serikat untuk pelanggan iTunes Match. Melalui layanan ini, siaran-siaran dari stasiun radio dapat disiarkan tanpa iklan. Pelanggan non-iTunes Match, masih bisa mendengarkan stasiun radio, tetapi dengan iklan.

Ini adalah langkah terbaru dari Apple, yang menunjukkan bahwa Apple Music adalah salah satu layanan prioritas. Terlebih dengan peluang strategis yang dimiliki Apple, yang berhasil meraih sebanyak 10 juta pelanggan Apple Music di enam bulan pertama. Sebagai titik perbandingan, saingan Apple Music yakni Spotify, yang diluncurkan tahun 2006 bahkan belum mampu mencapai 10 juta pelanggan berbayar hingga periode Mei 2014. Spotify kini diperkirakan telah memiliki 25-30 juta pelanggan berbayar pada akhir 2015. (Nariswari)

sumber

Rate this item
(0 votes)