pulsa-logo

Ponsel dan Piranti Sandang LG Bakal Dibekali Sensor Biometrik


Nariswari

Jum'at, 19 Februari 2016 • 10:15


sensor biometrik LGsensor biometrik LG

LG Innotek, yang merupakan anak perusahaan LG dikabarkan tengah mengembangkan sebuah sensor biometrik yang sangat tipis dan kecil. Sensor tersebut akan disematkan pada smartphone dan piranti sandang keluaran LG generasi mendatang.  

Sejauh ini belum diketahui apakah sensor biometrik itu akan dijejalkan ke LG G5 atau tidak. Dari beberapa bocoran informasi tentang LG G5, diketahui bahwa LG memang menyiapkan beberapa fitur menarik di LG G5. Ada yang menyebutkan bahwa ponsel pintar itu akan dibenami semacam sensor di bagian belakang, tapi hal ini belum dikonfirmasi oleh pihak LG. Bisa jadi, fitur tersebut hanya laser dan autofocus inframerah. Jadwal rilis LG G5 pun pada 21 Februari 2016, dan kemungkinan LG memang menyiapkan flagship-nya tersebut tampil memukau di depan publik.

Sensor biometrik yang dikembangkan oleh LG Innotek itu berukuran sangat kecil, dengan memiliki ketebalan hanya 1 mm (0.04 inchi), tapi masih memuat modul dioda foto (PD), 5 LED, dan sirkuit terpadu (IC), yang memungkinkan pengukuran denyut jantung, indeks stres, dan bahkan tingkat saturasi oksigen. Untuk melengkapi semuanya, sensor optik itu memiliki konsumsi daya yang rendah, akurasi pengukuran tinggi dibanding produk sensor biometrik yang ada, sehingga membuka jalan untuk digunakan oleh ponsel berdesain tipis dan jam tangan pintar.

LG Innotek mengatakan bahwa teknologi PCB di sensor biometrik yang mereka kembangkan memang didesain dengan unit lebih ramping, mengintegrasikan semua sirkuit ke PCB. LG Innotek juga memanfaatkan lapis emas untuk efisiensi pencahayaan yang lebih baik, sehingga sinyal biometrik bisa ditingkatkan hingga 30%, yang memungkinkan hemat daya.

Efisiensi daya keseluruhan telah meningkat sebesar 20% jika dibandingkan dengan sensor biometrik yang ada. Dan akurasinya bisa lebih ditingkatkan, dimana unit sensor ini akan mengukur detak jantung penggunanya dengan hanya penyimpangan ± 5 bpm ketika bergerak, dan ± 2 bpm ketika stasioner. (Nariswari)

sumber