Atrk
ads skin gagal

Ini Alasan Galaxy S7 dan S7 Edge Pilih Quick Charge Versi Lawas

Quick Charge

Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge telah resmi mendarat di pasar Indonesia. Dari sekian banyak informasi yang berkembang terkait kedua flagship Samsung tersebut, salah satu yang cukup menarik adalah terkait penggunaan fitur Quick Charge 2.0 yang nyatanya ini adalah versi lawas, dimana versi yang lebih baru telah ada, Charge 3.0. Apa yang jadi pertimbangan Samsung untuk lebih memilih Quick Charge versi lama untuk kedua ponselnya tersebut?

Banyak pihak awalnya menduga bahwa smartphone terbaru Samsung ini pasti akan mengadopsi fitur Quick Charge 3.0, yang diluncurkan Qualcomm pada September 2015. Pihak Qualcomm meluncurkan fitur Quick Charge 3.0 dengan dukungan lebih luas dan penambahan kecepatan pengisian daya (super fast charging). Karena versi terbaru ini sudah tersedia dan sebelumnya Samsung telah memakai Quick Charge 2.0 di Galaxy S6 tahun lalu maka wajar jika kemudian orang berfikir bahwa di seri Galaxy S7 Samsung akan menyematkan fitur Quick Charge terbaru pula. Tapi sayangnya, prediksi itu salah!

Seperti diketahui, Galaxy S7 dan S7 edge memiliki dua versi berbeda, yang masing-masing menjalankan chipset prosesor berbeda pula, yakni buatan Samsung sendiri yakni Exynos 8890 dan versi satunya yang mengusung chip Qualcomm Snapdragon 820. Untuk Galaxy S7 dan S7 Edge yang memakai chipset Qualcomm kemungkinan tidak akan menemui kendala jika menjalankan fitur pengisian daya versi terbaru buatan Qualcomm tersebut (Quick Charge 3.0). Tapi, sayangnya chipset Samsung belum siap dan tidak kompatibel dengan penggunaan fitur Quick Charge terbaru itu.

Samsung bisa saja tetap bersikeras menyematkan Quick Charge 3.0 ke Galaxy S7 dan S7 edge yang menjalankan chip Snapdragon  820. Namun tampaknya Samsung memiliki pertimbangan tertentu, atas nama kesetaraan dan keadilan, serta mencegah ketimpangan penjualan Samsung Galaxy S7 dan S7 edge versi Samsung Exynos dan Qualcomm. Akhirnya Samsung memutuskan untuk tetap memakai fitur Quick Charge versi lawas, yang pernah digunakan di Galaxy S6 yakni Quick Charge 2.0. (Nariswari)

sumber

Rate this item
(0 votes)