pulsa-logo

iPhone 8 Akan Dibekali Chip Prosesor 7nm Buatan TSMC


Nariswari

Jum'at, 18 Maret 2016 • 14:44

iphone, akan, dibekali, chip, prosesor, 7nm, buatan, tsmc


Ponsel iPhone 7 belum juga diluncurkan. Tapi kini sudah beredar rumor terkait generasi penerus dari iPhone 7, yang kemungkinan akan dinamakan sebagai iPhone 8. Selain diprediksi bakal dirilis pada tahun 2018 mendatang, Apple di iPhone 8 akan banyak melibatkan TSMC untuk memasok chip prosesor 7nm.  

TSMC saat ini merupakan salah satu dari dua produsen chip untuk iPhone. Dan saat ini dikabarkan tengah melakukan negosiasi untuk membuat kontrak baru terkait penyediaan pasokan komponen chip ke Apple. Kemungkinan, TSMC akan memulai produksi prosesor dengan teknologi 7-nanometer, yang nantinya akan dipakai di iPhone dan iPad generasi terbaru di tahun 2018.

Itu artinya iPhone 8 bisa menjadi model pertama yang ditenagai chip prosesor tersebut. Apple atau TSMC telah menawarkan indikasi bahwa mereka mulai beralih ke chip 7nm, maka tidak mengherankan bahwa produsen chip tersebut sedang mencoba menggarap ke teknologi baru ini. Selain itu, analis memperkirakan konfigurasi ini akan dipergunakan untuk smartphone dan tablet, mengingat adanya perbaikan dalam konsumsi daya dan kinerja yang lebih cepat.

Generasi iPhone terbaru itu yakni iPhone 8, dikabarkan akan hadir pada bulan September 2018. iPhone 8 juga kemungkinan akan menjadi model iPhone pertama yang dilengkapi layar OLED, dimana Apple memutuskan untuk beralih dari penggunaan layar LCD.

TSMC sebelumnya mengatakan bahwa produksi chip processor 7nm akan dimulai pada 2017. Tetapi perusahaan perlu untuk menyesuaikan tingkat produksi guna mengatasi permintaan Apple yang tinggi, jika memang benar Apple menyiapkan model iPhone 8 di 2018. (Nariswari)

sumber