pulsa-logo

Indonetwork dan PT Pos Pacu UMKM Karawang Go Online


Hairuddin

Selasa, 29 Maret 2016 • 17:31


Indonetwork.co.id bekerja sama dengan Dinas Koperasi & UMKM Karawang dan PT. Pos Indonesia menggelar BIMTEK (Bimbingan Teknologi) terkait industri e-commerce yang terus berkembang pesat. Bahkan diprediksi akhir tahun 2016 total nilai transaksi industri e-commerce Indonesia mencapai Rp 283 triliun, sebagian besarnya disumbangkan dari segmen B2B.

“Di acara ini kami fokus memberikan edukasi bisnis melalui internet kepada para pengusaha UMKM, mencakup pengenalan mengenai internet dan implikasinya dalam berbisnis. Juga mengajarkan bagaimana mengembangkan bisnis secara online. Kami ingin rekan-rekan pebisnis maupun pengusaha UMKM Karawang dapat menggunakan dan mendapatkan manfaat maksimal dari teknologi internet dan tumbuh bersama kami.” ujar Ryn Hermawan selaku Co Founder Indonetwork.co.id di sela-sela kegiatan Bimtek.

Saat ini, UMKM Karawang yang memiliki beragam produk unggulan hanya memanfaatkan promosi di jalur offline. Dengan adanya kerjasama ini, tentunya akan membuka lebih luas pemasaran hasil produk UMKM Karawang, tak hanya di pasar domestik, tapi bisa menjangkau manca Negara.

“Secara khusus produk unggulan UMKM Karawang belum ada yang menembus pasar global. Tetapi ada produk yang sudah diminta oleh negara Jepang dari produk sparepart mesin dan kendaraan dari pelaku usaha APEK. Harapannya makin banyak produk UMKM yang bisa go global mengingat peluang terbuka luas,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang Drs. H.Asep Junaedi,M.Pd.

Sedangkan PT Pos Indonesia, akan membantu dijalur distribusi dan pengiriman barang-barang tersebut, baik untuk tujuan dalam negeri maupun luar negeri. Tidak hanya itu, UMKM juga bias dijadikan sebagai Agenpos sehingga dapat menerima transaksi pengiriman dari hasil produksinya sendiri dan atau dari tempat lain. Fasilitas pick up service untuk kiriman UMKM yang telah bekerjasama.