pulsa-logo

Apple Akan Sensor Kata Tak Pantas Pada Lagu di iTunes


Nariswari

Jum'at, 08 April 2016 • 13:17

apple, sensor, iTunes, tabloid pulsa


Apple-iTunesApple-iTunes

Genre lagu banyak macamnya, dimana salah satunya berupa lagu-lagu/musik yang terkadang berisi atau pun dibumbui kata-kata kotor, kasar, penghinaan atau pun kata-kata cabul. Nah, jika Anda penyuka lagu dan musik macam itu, maka dalam waktu dekat mungkin tidak akan menemukannya lagi di lagu-lagu yang tersedia di iTunes.

Itu dikarenakan tim perangkat lunak di Apple tengah mengembangkan sebuah software cerdas untuk menyensor kata-kata umpatan, kata kotor hingga cabul. Prinsip kerjanya secara otomatis akan bisa memindai lagu yang disiarkan secara online dan mengedit setiap kata-kata umpatan dalam liriknya secara real time.

Jadi jangan kaget bila misalnya saat Anda memutar sebuah lagu lalu pada bagian si artis menyanyikan lirik tertentu yang kotor atau umpatan akan digantikan oleh bunyi "beeeepp…". Pihak Apple juga sudah mengajukan paten terkait teknologi ini, yang diajukan pada bulan September 2014.

Apple tahu bahwa tindakan menyensor lagu dengan bunyi "Beeeppp….", akan menimbulkan kontroversi, termasuk bakal membuat rasa kesal ke pengguna. Itulah sebabnya sistem ini juga dapat mendeteksi musik di balik lirik dan hanya "membungkam" kata-kata tertentu saja yang berisi umpatan, dimana akan mendongkrak irama musik latar saat kata-kata tersebut mulai terdengar, sehingga trek lagu bakal tetap enak didengar.

Apple memiliki banyak alasan untuk menggarap software ini. Salah satunya adalah alasan moral. Kalimat-kalimat kotor, kasar dan eksplisit di lagu iTunes nantinya dapat disaring, sehingga membuat konten bisa cocok pula untuk dinikmati remaja dan anak-anak. (Nr/Wr)

sumber