pulsa-logo

Facebook Bikin Disain Kamera 360 Open Source


Arief Burhanuddin

Rabu, 13 April 2016 • 13:45

facebook, bikin, disain, kamera, 360, open, source, spesifikasi


 

Facebook tampaknya memandang serius tren video 360 derajat Berharap agar jumlah video 360 yang diposting di platform mereka meningkat secara dramatis, Facebook hari ini meluncurkan sebuah referensi disain untuk sistem perekam video high-end yang diberik nama Surround 360 dan mengumumkan rencana untuk merilisnya sebagai sebuah proyek open-source di GitHub. 

 

Surround 360 adalah purwarupa berbentuk piring terbang yang menggunakan 17 kamera array dan didukung dengan perangkat lunak berbasis web untuk menangkap gambar dalam mode 360 derajat dan membuat videonya secara otomatis. Facebook mengatakan bahwa disain yang mereka buat dapat memecahkan berbagai masalah teknis yang selama ini muncul dalam pembuatan video 360 derajat, dan mampu menghasilkan gambar yang lebih baik dibanding dengan produk sejenis yang sekarang ada di pasaran. Disain ini juga dapat mendorong produsen dan penggemar video 360 untuk dapat membangun kamera mereka sendiri.

 

Disain ini meletakkan 14 kamera wide-angle dengan piosisi melingkar secara horisontal, ditambah satu kamera berlensa eye fish di bagian atas, dan dua kamera lagi di bagian bawah. Komposisi kamera seperti ini memungkinkan Surround 360 untuk menangkap gambar di sekelilingnya tanpa memperlihatkan tiang penyangga kamera, - malasah yang selama ini sering muncul pada hasil video 360 derajat. Kamera Facebook ini menggunakan apa yang dikenal sebagai global shutter yang menjamin rekaman yang dihasilkan tidak menampilkan jejak dari penutupan shutter tiap kamera. Dalam demonstrasi singkat yang dilangsungkan hari Senin (11/4) di kantor pusat Facebook, video yang diambil melalui Surround 360 tampak segar dan mulus, tanpa ada cacat yang terlihat dalam rekaman. 

 


Facebook tampaknya tidak akan segera menempatkan desain open-sourcenya di Github,. minimal sampai peertengahan tahun nanti sambil menunggu para pembuat film dapat mengevaluasi berbagai pilihan yang mereka miliki untuk merekam video dalam mode 360 derajat, dan memutuskan sendiri bagaimana desain yang mereka inginkan. @ariefburhan

Sumber artikel