pulsa-logo

HTC One S9, Sematkan Layar Full HD dan Chip Helio X10


PULSA

Rabu, 27 April 2016 • 08:23

HTC, One S9, android, tabloid pulsa


HTC One S9HTC One S9

Sejauh ini HTC masih konsisten bermain di ranah smartphone premium, meskipun belakangan dirinya juga bersiap menelurkan produk lebih terjangkau. Buktinya adalah pengenalan ke publik ponsel terbarunya, yang diberi nama HTC One S9, dimana posisi pasarnya diletakkan di bawah produk flagship HTC 10.

Uniknya, smartphone ini masih menggandeng label 'One' layaknya model One M9, A9, E9, dan X9. Padahal seperti diketahui di seri HTC 10 label itu sudah ditanggalkan. Tampaknya vendor asal Taiwan ini masih akan mempertahankan lini One Series-nya untuk ke depannya. Seperti halnya seri Desire.

Melihat penampakan bodi belakang HTC One S9, terkesan mirip saudaranya One M9. Tetapi pada sisi depannya sedikit berbeda, khususnya pada desain corong dual speaker stereo BoomSound di atas-bawah layar. Bila pada One M9 memiliki bentukkan khas lubang-lubang kecil, maka pada HTC One S9 terlihat seperti garis saja. Dimensi bodi pun relatif sama, dengan ukuran milik One S9 di 144,6 x 69,7 x 10,1mm. Di sini terpantau One M9 lebih tipis 0,5mm dari ponsel baru ini.

HTC One S9 dibekali layar sentuh Super LCD berdiagonal 5 inci pada resolusi full HD (1080p). Namun, tak dijelaskan apakah layar ini sudah dilapis kaca kuat Gorilla Glass atau kah tidak. Tapi bila menilik model HTC One M9 yang sudah dilindungi Gorilla Glass 3, maka kemungkinan besar seri One S9 ini pun diproteksi kaca kuat tersebut.

Untuk dapur pacu, One S9 ditenagai chip (SoC) MediaTek Helio X10, dengan prosesor 8-inti (octa-core) 2GHz Cortex-A53. Di situ ditandemkan memori RAM 2GB dan penyimpanan internal 16GB, meski pihak HTC mengungkapkan jika ruang simpan kosong yang tersedia untuk pengguna sebatas 9,24GB. Slot microSD tetap disediakan sebagai alternatif media penyimpanan tambahan, sampai kapasitas 2TB.


Piranti kamera utama HTC One S9 kaliber 13 MP, dilengkapi bukaan cahaya (aperture) f/2.0, panjang vokal 28mm dan fitur Optical Image Stabilization (OIS). Spek kamera belakang itu malah lebih mirip dengan HTC One A9, mengingat model One M9 dijejali kamera 21 MP.Sementara untuk kamera depan lagi-lagi serupa di One A9, yakni memakai teknologi UltraPixel 4 MP (2um piksel, f/2.0, panjang vokal 26,8mm).

Sayang, smartphone HTC One S9 ini tak dibekali sensor sidik jari. Kapasitas baterainya pun masih serupa milik One M9, dengan kapasitas 2840mAh. Tetapi, saluran koneksi smartphone Android 6.0 Marshmallow ini tercatat komplit. Meliputi teknologi 4G LTE Cat.4, WiFi a/b/g/n/ac, dan GPS (GLONASS/Beidu).

Berdasarkan informasi dari pasar Jerman, HTC One S9 dibanderol di angka 499 Euro atau Rp.7,4 jutaan. Wow. benar-benar premium, kalau tidak ingin dikatakan kemahalan, mengingat smartphone lain dengan spek dan disain tak kalah yahud dibanderol lebih murah. Sebut saja Samsung Galaxy A7 (2016), yang dijual di pasar tanah air kisaran Rp.6,2 jutaan. (Wr)

via PriceRaja