pulsa-logo

Makin Serius Garap VR, HTC Kucurkan Dana Rp.1,3 Trilyun


Nariswari

Rabu, 27 April 2016 • 15:20

Makin Serius Garap VR, HTC Kucurkan Dana Rp.1, 3 Trilyun, tabloid pulsa


Tren teknologi Virtual Reality (VR) kian merambah ke banyak vendor  dalam menggarap perangkat terbarunya. Booming Google Cardboard, Facebook Oculus Rift, Lenovo ANTVR, kini HTC tak ingin ketinggalan dengan trend ini dengan menggarap perangkat VR -nya yang diberi nama HTC Vive  X. Namun HTC menyadari, meskipun termasuk sebagai vendor global yang kuat, HTC harus menyiapkan kocek yang tidak sedikit untuk menggarap teknologi virutal kekinian tersebut.

Menurut kabar terbaru yang dirilis dari mashable.com, HTC sudah menyiapkan investasi dana sebesar USD$100 juta (setara dengan Rp. 1,32 Trilyun)  untuk mendanai team startups  dan R&D VR yang berfokus pada penggarapan HTC Vive X.

HTC  mengatakan bahwa suntukan dana investasi yang cukup besar itu  adalah salah satu upaya HTC unutk merangsang pertumbuhan startups VR di seluruh dunia.

"Melalui lahirnya HTC Vive, teknologi Virtual Reality telah mengubah dunia, namun untuk melakukan itu secara efektif dibutuhkan ekosistem yang sehat dan matang untuk memperluas produk kami ke pasar massal. Kami juga berharap untuk memungkinkan bakat-bakat global terbaik untuk membuat konten VR yang menarik untuk ikut  membantu membentuk masa depan industri ini."Ujar Cher Wang(CEO HTC) dalam sebuah pernyataan ke media yang dirilis pada hari Selasa (26/4).

Kabarnya HTC  telah membentuk team VR yang berkantor di  San Francisco, Beijing dan Taipei.  Adapun dana investasi HTC tersebut akan dikhususkan untuk segala macam operasional yang dibutuhkan dalam pengembangan teknologi VR, termasuk pembuat aksesoris, pencipta konten dan, tentu saja, aplikasi.

Perusahaan ini membingkai inisiatif sebagai akselerator VR global dan berusaha untuk melampaui standar VR yang selama ini banyak dipasarkan. Hal ini menunjukkan bahwa HTC serius berkomitmen untuk membuat terobosan nyata dalam VR.

Namun, terjun ke bisnis ini bukanlah hal mudah bagi HTC. Selain Facebook, Google dan Lenovo, HTC juga harus berhadapan langsung dengan kompetitor kelas berat seperti Sony yang berencana untuk merilis Sony PSVR di akhir tahun ini. (Nariswari)