LG Garap Pemindai Sidik Jari yang Terintagrasi Layar Ponsel

Seperti Anda ketahui, pemindai sidik jari yang kini banyak dihadirkan di smartphone kekinian  didesain  sedemikian rupa  dan ditempatkan di beberapa titik di bagian permukaan ponsel seperti bagian tombol Home dan bagian panel khusus di bawah lubang kamera utama. Namun sebuah inovasi baru sedang dikembangkan oleh LG untuk membuat scanner sidik jari yang ditanamkan di bawah layar smartphone.

Menurut sebuah kabar yang dirilis dari Hindustantimes.com, LG Innotek (anak perusahaan LG)  sedang mengembangkan teknologi  untuk menciptakan pemindai sidik jari yang telah ditanamkan di bawah layar.  Bidang pemindai ini terbidang kecil yakni 0,01 inci (0,03 milimeter) berada di bawah kaca penutup smartphone.

Desainer perangkat keras di LG akan menggabungkan inovasi pemindai sidik jari  dengan konsep desain bodi smartphone LG generasi mendatang. Hadirnya pemindai sidik jari ini akan  dapat diaktifkan tanpa hadirnya tombol khusus, bantalan, atau elemen terbuka lainnya yang ditempatkan di permukaan bodi smartphone.

LG mengatakan  bahwa  mereka menjamin proses otentifikasi (pengenalan) sidik jari pada modul yang ditanamkan di  bawah layar kaca smartphone  sebanding  responnya dengan otentifikasi sidik jari yang didapat dari tombol fisik.

LG mengatakan bahwa kemajuan teknologi membawa peningkatan berbagai efektivitas smartphone dan dapat  mengurangi tiap bagian yang dianggap tidak perlu di bodi smartphone. Sebagai gantinya, LG mengatakan bahwa  dengan meminimalisir tombol fisik, maka akan memungkinkan ponsel untuk dibekali dengan berbagai fitur lainnya seperti fitur tahan air atau tahan gores, atau dirancang untuk terlihat lebih ramping (slim).

Namun sejauh ini LG belum mengumumkan apakah mereka akan menggunakan modul pemindai sidik jari baru ini di setiap ponsel generasi terbaru mereka yang akan dirilis. Akan tetapi menurut keterangan dari salah seorang juru bicara LG mengatakan kepada Korea Times bahwa LG sedang dalam pembicaraan dengan beberapa produsen smartphone untuk mengkomersilkan modul sensor sidik jari baru ini di tahun ini. (Nariswari)

Sumber: Hindustantimes

 

Rate this item
(0 votes)