pulsa-logo

Voice of Life, Aplikasi Samsung Untuk Bayi Prematur


Aldrin Symu

Senin, 02 Mei 2016 • 23:52


Pernah dengar istilah ‘bayi prematur’? Bayi prematur merupakan bayi yang tidak mendapat waktu cukup untuk berkembang di dalam kandungan atau terlahir lebih awal. Saat bayi terlahir prematur, ada risiko dan bahaya yang kemungkinan muncul terkait tumbuh kembangnya nanti. Salah satu cara membantu bayi prematur untuk berkembang lebih sehat adalah dengan mendengar suara ibunya.

Dari hasil riset didapat fakta, bayi prematur yang mendengar suara ibunya membuat otak bayi tersebut berkembang dengan normal. Masalahnya, biasanya bayi prematur diletakkan di inkubator, hal ini membuat bayi prematur sulit untuk mendengar suara ibunya.

Itulah sebabnya Samsung mengembangkan atau membuat aplikasi yang disebut ‘Voice of Life’ (suara kehidupan). Aplikasi ini akan membantu tumbuh kembang bayi-bayi prematur. Pada dasarnya dengan menggunakan aplikasi ini memungkinkan ibu si bayi untuk merekam suara jantung dan suara si ibu yang nantinya diperdengarkan ke bayi.

Aplikasi ini akan menyadur frekwensi tinggi untuk menghasilkan suara tiruan yang biasanya didengar bayi saat di kandungan. Rekaman tersebut kemudian diputar di speaker yang diletakkan di samping inkubator. Hal itu juga memungkinkan si bayi untuk mendengar suara ibu si bayi meskipun ibu si bayi tidak berada di tempat itu.

Data statistik menunjukkan bahwa ada 15 juta bayi prematur lahir setiap tahunnya. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan akan membantu orang tua yang memiliki anak lahir prematur. Sayangnya Samsung belum menentukan kapan aplikasi ini akan hadir dan untuk pasar mana. Kita tunggu saja.