pulsa-logo

Jalur Surabaya-Malang, Jaringan Indosat Ooredoo Aman Terkendali


Hairuddin

Rabu, 25 Mei 2016 • 17:03

jalur, surabaya, malang, jaringan, indosat, ooredoo, aman, terkendali, spesifikasi


Untuk memastikan kesiapan jaringan menghadapi masa Ramadhan dan Mudik Lebaran 2016, Indosat Ooredoo melakukan uji jaringan di salah satu jalur mudik utama wilayah Jawa Timur, yaitu jalur Surabaya sampai Malang. Dalam drive test tersebut dilakukan berbagai aktifitas layanan data seperti  browsing, download, upload file, atau melihat HD video serta live streaming.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, rute tersebut diprediksi akan mengalami kepadatan lalu lintas mobil yang ingin mudik di kedua kota ini. Selain menjadi kota tujuan mudik, di Surabaya dan Malang juga menjadi kota tujuan wisata selama masa liburan Lebaran.

 

Joko Riswadi, Head Radio Network Design & Optimization Indosat Ooredoo, mengatakan, “Dari hasil uji jaringan tersebut, kecepatan maksimal download mencapai 39,66 Mbps dengan rata-rata download 12 Mbps. Sedangkan kecepatan maximum upload mencapai 20,61 Mbps dengan rata-rata upload 6,59 Mbps”.

Kecepatan maksimal download dan upload dicapai saat memasuki tol Sidoardjo. Meski di beberapa titik masih kerap terjadi penurunan kualitas, namun secara keseluruhan kondisi jaringan data Indosat Ooredo cukup baik, dan aktitas internet pun berjalan dengan lancar.

 

Tak hanya layanan data, drive test juga menguji kualitas suara (voice). Metode yang digunakan adalah dengan pengukuran MOS (Mean Opinion Score) yang menunjukkan bahwa 89% area yang diukur menunjukkan hasil di tingkat excellent (maksimum skor dimana nilai MOS 4-5)  dan 8% area lainnya menunjukkan hasil dengan nilai baik. Artinya, kualitas layanan suara Indosat Ooredoo pun tercatat cukup bisa diandalkan.